Kampanye Penurunan Stunting di Bunut Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, August 3, 2022

Kampanye Penurunan Stunting di Bunut Hulu

Foto: Kampanye Penurunan Stunting di Bunut Hulu, Rabu (3/8/2022)/ Istimewa 

Kapuas Hulu - Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini membuka Kegiatan Kampanye Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas Hulu di Desa Semangut Utara, Kecamatan Bunut Hulu, Rabu (3/8/2022). Acara tersebut dihadiri Anggota Komisi IX DPR RI, H. Alifudin.

Sekda Kapuas Hulu menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi Anggota Komisi IX DPR RI dan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang telah mengadakan Kampanye Percepatan Penurunan Stunting. Ia juga mengapresiasi Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang telah melakukan konvergensi dalam upaya percepatan penurunan Stunting di Wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.
"Keadaan gizi masyarakat Indonesia pada saat ini masih belum menggembirakan, salah satu diantara masalah tersebut adalah Stunting. Stunting adalah akibat dari faktor kekurangan gizi yang terjadi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)," ujarnya.
Stunting tidak hanya menyebabkan hambatan pada pertumbuhan fisik dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, namun juga mengancam perkembangan kognitif. Ini akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak, serta risiko terjadinya gangguan metabolik. "Sehingga bis berdampak pada risiko terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, hiperkolesterol, hipertensi, bahkan stroke pada usia dewasa," terangnya.


Sekda menambahkan dalam situasi Pandemi Covid-19 sekarang ini, Pemerintah masih terus menggalakkan vaksinasi secara masif untuk masyarakat, termasuk untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Ibu hamil dan menyusui menjadi sasaran utama percepatan P
Penurunan Stunting. "Untuk itu mari kita bersama mendukung program vaksinasi di daerah kita. Kepada seluruh OPD terkait, saya harapkan untuk mengoptimalkan kampanye perubahan perilaku terkait sunting kepada masyarakat," tuntas Sekda.

Kampanye penurunan stunting di Bunut Hulu dihadiri BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kapuas Hulu, Forkopimcam Kecamatan Bunut Hulu, lalu Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Aparatur Desa Semangut Utara.

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad