Bupati Sis Restoking Ikan Arwana dan Jelawat di Danau Lindung Empangau - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, November 28, 2023

Bupati Sis Restoking Ikan Arwana dan Jelawat di Danau Lindung Empangau


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melepas arwana super red di Danau Lindung Nanga Empangau, Kecamatan Bunut Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (28/11/2023)/ Ando

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan restoking 15 ekor calon indukan ikan Arwana dan 5000 ekor bibit ikan Jelawat ke Danau Lindung Nanga Empangau, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (28/11/2023). Kegiatan ini disambut antusias masyarakat Desa Empangau Hulu dan Empangau Hilir.

Kades Empangau Hulu, Ribuan mengatakan kali ini Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melepas 15 ekor Arwana, 5000 ekor bibit jelawat. Masyarakat Desa Empangau mengapresiasi perhatian Pemeritah Kabupaten Kapuas Hulu. "Semoga tahun depan bisa diadakan lagi untuk restoking di Danau Lindung Empangau," ucapnya.
Ribuan menjelaskan bahwa pengelolaan sektor perikanan di Danau Lindung Empangau telah memberi hasil dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama di Desa Empangau. "Tahun ini, kami sudah dapat hasil anak arwana sabanyak 173 ekor, sebagian hasil dari penjualannya kami gunakan untuk gaji guru SMA, uang duka dan hari besar keagamaan. Selain itu kami juga sudah panen raya sebanyak 9,975 kg ikan konsumsi," tegasnya.
Tahun 2024 nanti, kata Ribuan, ada rencana kegiatan restocking lagi 32 ekor arwana secara swadaya masyarakat. "Semoga ini semakin memaksimalkan hasil di danau lindung kami," tegasnya.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa dirinya berusaha menepati janji saat pertama melakukan restocking di Danau Lindung Empangau. Dirinya kembali hadir untuk melepas calon induk arwana dan bibit ikan jelawat.
"Saya pernah ke sini dan melihat pengelolaan ikan di Nanga Empangau. Mudah-mudahan ikan-ikan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Empangau Hulu dan Empangau Hilir," ucapnya.
Fransiskus menegaskan bahwa pengelolaan ikan yang bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat itu adalah suatu keberhasilan. Hal ini harus dipertahankan dan ditingkatkan agar upaya pelestarian alam dan pelestarian ikan ini bisa memberi nilai tambah kedepannya. "Saya berharap kerjasama yang baik terus dijaga dan membawa manfaat berlimpah kepada masyarakat," tuntasnya.
Kegiatan Bupati Kapuas Hulu di Danau Lindung Empangau turut dihadiri Kepala Dinas PUPR, Marthen, Kadis Perikanan, Bambang, Kadis Kominfotik, Hadi Pranata, Kabag Umum, Wilibrodus Lasah, Kabag Prokopim, Andreas Hariandoko, Kabid Pendapatan, Ignasius Felix. Muspika Jongkong dan Bunut Hilir serta Aparatur serta masyarakat Desa Empangau Hulu dan Empangau Hilir.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad