Bupati Kapuas Hulu Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gereja Santo Ignasius Pala Pulau - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, December 15, 2023

Bupati Kapuas Hulu Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gereja Santo Ignasius Pala Pulau


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan foto bersama para pihak usai meletakkan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Santo Ignasius Pala Pulau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (15/12/2023)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meletakkan batu pertama pembangunan Gereja Santo Ignasius Pala Pulau, Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) Putussibau, Jumat (15/12/2023). Acara tersebut diawali dengan ibadat pemberkatan secara Katolik.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus mengatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi sejarah baru bagi umat Katolik stasi Pala Pulau. Peletakan batu pertama berarti memulai pembangunan gereja baru.
"Kekompakan dan kebersamaan umat serta berbagai pihak akan mewujudkan bangunan gereja stasi santo Ignatius Pala Pulau yang baru," ucapnya.
Fransiskus menegaskan bahwa pembangunan gereja baru sudah seharusnya dilakukan karena gereja yang lama kurang representatif untuk menampung umat Katolik. Perkembangan umat sangat pesat. "Pemda akan bantu pembangunan gereja ini sesuai kemampuan daerah," ujarnya "Kita juga patut mengapresiasi pemilik tanah yang memberikan harga miring untuk pembangunan gereja ini," tuntas Bupati.
Ketua Panitia Pembangunan Gereja Santo Ignasius Pala Pulau, Laurensius Lasa Gampa, mengatakan bahwa pembangunan gereja ini adalah keinginan bersama masyarakat Katolik. Ini diawali karena kondisi gereja yang lama sudah kurang representatif untuk menampung umat, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.
Luas tanah untuk pembangunan gereja ini adalah 5000 meter persegi, luas bangunan gereja adalah 1023 meter persegi atau 46,5x 22 meter. Gereja ini diperkirakan bisa menampung umat sebanyak 1000 orang. "Estimasi dana yang dibutuhkan untuk pembangunan gereja ini Rp 12 miliar lebih. Semoga batu yang terletak tadi menjadi motivasi untuk segera mewujudkan pembangunan gereja ini dan semoga pembangunan gereja ini dapat didukung para umat, donatur dan pemerintah," ucap Lasa.
Peletakan batu pertama pembangunan Gereja Santo Ignasius Pala Pulau turut dihadiri Anggota DPRD Kapuas Hulu, Yanto dan Silvia, Para Kepala OPD Kapuas Hulu, para pastor Paroki HSPMTB Putussibau, Suster dan Bruder, kemudian Kepala Desa Pala Pulau, Antonius Gandi serta para umat Katolik di Stasi Pala Pulau.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad