Bawaslu Kapuas Hulu Gelar Kesiapan Sentra Gakkumdu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, November 9, 2023

Bawaslu Kapuas Hulu Gelar Kesiapan Sentra Gakkumdu

Foto: Foto bersama saat Bawaslu Kapuas Hulu menggelar kesiapan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Aula gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas Hulu, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (9/11/2023)/ Yohanes Santoso.


Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bawaslu Kapuas Hulu menggelar kesiapan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Aula gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas Hulu, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (9/11/2023). Kegiatan tersebut sehubungan dengan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD pada Pemilu serentak tahun 2024. 

Anggota Bawaslu Kapuas Hulu, Khairul Amru menyampaikan bahwa pihaknya mengundang perwakilan Partai Politik (Parpol), Organisasi Masyarakat (Ormas) serta para awak media. Pertemuan tersebut merbicarakan Pemilu, tidak dari sisi menang, kalah ataupun kuantitas.
"Tapi Pemilu yang kita bicarakan adalah dari aspek kualitas. Pemilu kita kawal bersama dan akan kita pertanggungjawabkan lima tahun kedepan, seluruh Indonesia dan Kabupaten Kapuas Hulu khususnya," ucap Amru. 
Makanya, kata Amru, konsolidasi dan koordinasi dilakukan sebagai upaya bersama dalam menjaga kualitas Pemilu. Bawaslu sendiri masih menunggu PKPU Tahapan Pilkada yang informasinya akan beriringan dengan tahapan Pemilu. Tentu ini akan membutuhkan konsentrasi penuh semua pihak, tidak hanya dari penyelenggara yakni Bawaslu dan KPU. "Pemilu tidak hanya berdampak pada pembangunan, tapi juga berdampak pada hajat hidup orang banyak, " ujar Amru. 


Konsolidasi ini, kata Amru, diharapkan membuat semua pihak komitmen menjaga Pemilu agar berjalan sesuai aturan. OKP, Ormas, mahasiswa dan lainnya dapat melakukan kontrol sosial agar Pemilu bisa berjalan tanpa pelanggaran-pelanggaran. 
"Sementara itu Gakkumdu memiliki kewenangan dalam hal penindakan penanganan pelanggaran dalam bentuk pidana. Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri," ujarnya. 
Amru menjelaskan bahwa Bawaslu Kapuas Hulu telah menegaskan kepada para Parpol agar saat kampanye dari tanggal 28 November hingga 10 Februari 2024, untuk menjaga kualitas kampanyenya.  "Tidak ada lagi yang bermain isu sara, jangan lagi ada menggunakan politik uang, " pungkasnya.
Kegiatan sentra Gakumdu turut mengundang Ormas, mahasiswa, media, perwakilan Partai Politik serta perwakilan OPD dan Instansi Vertikal di Kapuas Hulu.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad