Bupati Sis Salurkan Bantuan Beras dan Mesin Perontok Padi di Sibau Hilir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, October 11, 2023

Bupati Sis Salurkan Bantuan Beras dan Mesin Perontok Padi di Sibau Hilir


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan bantuan beras kepada penerima manfaat di Desa Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (11/10/2023)/ Istimewa 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyalurkan bantuan pangan ke masyarakat kurang mampu di Desa Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (11/10/2023). Ada 120 Kepala Keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan berupa beras dari Bulog tersebut. Selain menyalurkan beras Bupati Sis juga menyalurkan mesin perontok padi yang diadakan dari Dana Desa Sibau Hilir.
Camat Putussibau Utara, Yohanes Telajan, mengatakan bahwa ada 17 desa dan dua kelurahan di kecamatannya, semua perwakilan desa dan kelurahan, hadir pada kegiatan penyaluran bantuan pangan tersebut. "Untuk pembagian bantuan di Desa Sibau Hilir, selain bantuan beras Bulog ada juga penyerahan mesin perontok padi yang diadakan pihak desa," tegasnya.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa informasi gagal panen akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, ini sudah dikabarkan berbagai media masa. Terkait pangan, kata Bupati Sis ada komoditi lain selain beras yang bisa jadi konsumsi utama. "Kita bisa manfaatkan sukun, porang, pisang, jagung, singkong dan umbi-umbian. Kapuas Hulu lahannya masih luas dan tidak mengalami kekeringan ekstrim, kita bisa menggarap komoditi pendamping," ujarnya.
Terkait bantuan pangan, Bupati Sis berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat. Disamping itu Bupati mengajak masyarakat untuk mulai beralih dari beras ke komoditi pokok lainnya. "Peralihan ini di awal akan terasa sulit, tapi kita pasti bisa. Ini untuk mengurangi ketergantungan kita pada komoditi beras," ucapnya.
Kepala Kantor Bulog cabang Putussibau , Muhamad Azwar Fuad, mengatakan bahwa penerima manfaat bantuan beras adalah warga kurang mampu yang terdaftar di program PKH dan BPNT. Total penerima bantuan pangan beras dari Bulog berjumlah 18900 KK. Mereka tersebar di 23 kecamatan se-Kapuas Hulu. Tujuan bantuan beras ini adalah untuk meringankan beban pengeluaran para penerima manfaat, serta untuk mengendalikan inflasi dan dampak kemarau panjang serta mencegah stunting. 
"Bantuan beras untuk desa Sibau Hilir, itu diterima oleh 120 KK. Mereka mendapat 10 KG per KK per Bulan. Jadi karena ini jumlahnya untuk 3 bulan, jadi satu KK dapat 30 kg beras. Setidaknya uang untuk beli beras bisa digunakan untuk masyarakat membeli kebutuhan lain," tuntas Azwar.
Dalam penyaluran bantuan beras ini, hadir para Kepala OPD Kapuas Hulu, Muspika Putussibau Utara, 17 Kades dan Lurah Putussibau Kota serta Lurah Hilir Kantor.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad