Adakan Donor Darah, PMI Kapuas Hulu Kolaborasi Dengan Perusahaan Sawit dan Yayasan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Sunday, October 1, 2023

Adakan Donor Darah, PMI Kapuas Hulu Kolaborasi Dengan Perusahaan Sawit dan Yayasan


Foto: Kegiatan donor darah di Club House Belian Estate Desa Nanga Seberuang Kecamatan Semitau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (30/9/2023)/ Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kapuas Hulu bekerjasama dengan PT. Paramitra Internusa Pratama (Sinarmas Group) dan Yayasan Tzu Chi mengadakan kegiatan Donor Darah Masal di Club House Belian Estate Desa Nanga Seberuang Kecamatan Semitau, Sabtu (30/9/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran pimpinan dan karyawan serta keluarga yang berada dibawah Sinarmas Region Semitau yang tergabung dalam Yayasan Tzu Chi Xieli. 
Dalam sambutannya, Regional Control (RC) Semitau, Herman Teguh Wibowo, menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini adalah agenda rutin Yayasan Tzu Chi Xieli Semitau yang rutin terlaksana namun sempat beberapa waktu terhenti. "Kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin kami, namun sempat terhenti mulai bulan Maret 2022 dan baru dimulai lagi pada hari ini," ungkapnya. 
Selanjutnya Herman menambahkan bahwa sebelumnya kegiatan Donor Darah dikoordinir oleh PMI Sintang. "Untuk kegiatan donor darah yang sebelumnya memang kita lakukan rutin bersama PMI Sintang,namun sekarang dengan diaktifkannya kembali PMI Kapuas Hulu maka kita sebagai yayasan yang berkedudukan di Kabupaten Kapuas Hulu wajib berkontribusi," tambahnya. 
Menurut Herman, dalam Yayasan Tzu Chi mereka diajarkan untuk selalu berbagi kepada umat manusia yang membutuhkan, tidak ada sekat baik agama maupun latar belakang jabatan. "Kami semua sama, punya niat untuk berbagi dan dalam komunitas kami yang memberi dialah yang mengucapkan terima kasih bukan mengharapkan sebaliknya dari yang diberi," lanjut Herman.
Sekretaris PMI Kapuas Hulu, Pieter Mario Elpradivta menyampaikan kegiatan donor ini merupakan arahan dari Ketua PMI Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat. Pihaknya juga mengapresiasi setinggi-tingginya kegiatan tersebut. "Kami sangat berterima kasih atas inisiatif dan kerelaan bapak ibu semua untuk bergerak menyumbangkan darah khususnya bagi UTD RS.Achmad Diponegoro dimana dalam kondisi saat ini hampir setiap hari kita mengalami kekurangan stok darah," ungkap Pieter. Kondisi di Kabupaten Kapuas Hulu sendiri menurut Pieter secara teori memerlukan sekitar 14 kantong darah per hari namun kemampuan pemenuhan rata-rata 5 kantong saja."Secara teori kita di Kabupaten Kapuas Hulu memerlukan 14 kantong darah per hari yang merupakan hasil konversi dari teori yang mengatakan bahwa kebutuhan darah di suatu tempat adalah 2% dari populasi per tahun,sehingga kegiatan hari ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan," lanjut Pieter. Dalam kesempatan tersebut, Pieter juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan diagendakan ulang setiap 3 bulan untuk menjadi agenda rutin. "Jadi 3 bulan kedepan kami akan kembali lagi kesini untuk jemput bola bagi para pendonor, harapan kami kerjasama ini dapat berlanjut di masa yang akan datang," tutup Pieter.
Kegiatan donor darah tersebut berlangsung tertib dan masyarakat antusias mengikutinya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Manager Belian Estate, Markus Sutrianto beserta beberapa manager dari perkebunan yang ada di wilayah kerja Sinarmas Region Semitau sementara dari jajaran pengurus PMI Kapuas Hulu hadir Wakil Ketua Bidang Donor Darah, Abdurrahman beserta anggota, A.M Hudayana serta petugas UTD RS Achmad Diponegoro Putussibau. 
Repost: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad