Penanganan Stunting Butuh Konvergensi Program Lintas Sektor - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, December 12, 2022

Penanganan Stunting Butuh Konvergensi Program Lintas Sektor


Foto:Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat memberi arahan pada Pertemuan Review Kinerja Tahunan Aksi Stunting Terintegrasi di Aula Bappeda Kapuas Hulu Pada Senin (12/11/2022)/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka Acara Pertemuan Review Kinerja Tahunan Aksi Stunting Terintegrasi. Kegiatan Tersebut Dilaksanakan Di Aula Bappeda Kapuas Hulu Pada Senin (12/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menyampaikan, konvergensi berbagai program yang terkait dengan penurunan stunting menjadi kata kunci untuk memastikan program-program intervensi dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan secara optimal sehingga berkontribusi pada penurunan prevalensi stunting. Konvergensi adalah kata yang mudah diucapkan, tetapi seringkali tidak mudah untuk diwujudkan. "Untuk mewujudkannya diperlukan upaya keras dari kita semua. Setiap lembaga yang terlibat diminta untuk menghilangkan ego sektoral, karena konvergensi membutuhkan kerja kolaborasi antar berbagai pihak," katanya. 

Wabup menuturkan tantangan utama penanganan stunting adalah tidak terjadinya konvergensi pelaksanaan program dan kegiatan sehingga berbagai program dan kegiatan penanganan stunting tidak terlaksana secara lengkap di suatu lokus, dalam hal ini ditingkat desa. 
"Karena itu untuk melakukan percepatan penurunan stunting secara efektif diperlukan konvergensi antar program dan kegiatan, baik yang tergolong dalam intervensi gizi spesifik maupun intervensi gizi sensitif yang berasal dari berbagai sumber pembiayaan dari pemerintah pusat hingga desa," katanya.

Tambah Wabup, selain mengidentifikasi faktor – faktor yang menghambat pencapaian target kinerja kegiatan percepatan penurunan stunting, saya harap pertemuan evaluasi tahunan ini hendaknya dapat merumuskan tindak lanjut perbaikan agar target kinerja dapat dicapai pada tahun berikutnya. perlu saya sampaikan pula, bahwa faktor penting yang wajib diperhatikan kita kedepan agar supaya penurunan stunting dapat tepat sasaran adalah kualitas data. 
"Perbaikan data stunting yang akan menjadi rujukan untuk perencanaan monitoring dan evaluasi intervensi stunting,  hendaknya dilakukan dengan memperhatikan validitas dan akurasi data. pengumpulan data yang baik dimulai ketika alat ukurnya sesuai standar yang ditetapkan, petugas memiliki kapasitas yang sama dan terlatih, prosedur pendataan dipenuhi, serta cakupan data dapat dikelola dan diukur," ucapnya. 
 
Wabup berharap, kemitraan dan sinergitas antar seluruh pemangku kepentingan dapat terus dikuatkan, untuk mewujudkan kapuas hulu sehat bebas stunting. 

Penulis: Rovi Andila 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad