Bupati Sis Tutup Festival Budaya Kayaan Mendalam - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Sunday, December 11, 2022

Bupati Sis Tutup Festival Budaya Kayaan Mendalam


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan hadir di acara penutupan Festival Budaya Kayaan Mendalam 2022 di Desa Datah Diaan, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (10/12/2022)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Festival Budaya Kayaan Mendalam tahun 2022 resmi ditutup oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Sabtu (10/12/2022). Penutupan kegiatan tersebut di Desa Datah Diaan, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Ketua Panitia Pelaksana, David menuturkan pihaknya bersyukur kegiatan ini lancar. "Atas panitia, kami apresiasi semua pihak, terkhusus pihak keamanan yang terlibat," singkatnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengapresiasi semua pihak yang bekerja keras membuat kegiatan berjalan baik, dari awal sampai akhir kegiatan. "Tujuan kegiatan ini untuk mengangkat, melestarikan dan mempertahankan budaya Kayaan Mendalam," ucapnya.

Beberapa waktu ini, kata Bupati Sis, Kapuas Hulu mengadakan berbagai festival. Mulai dari Festival Danau Sentarum di kecamatan Batang Lupar, Festival Budaya Kantuk di Bika dan Festival Budaya Kayaan Mendalam di Putussibau Utara. Kegiatan seperti ini baik karena sub suku Dayak mampu mempertunjukan ke masyarakat, adat dan budaya yang mereka terus pertahankan. "Ini anugrah dari para leluhur untuk kita semua," tegasnya.

Dalam kegiatan Festival Budaya Kayaan Mendalam, kata Bupati Sis, banyak anak muda yang ambil bagian. Menurutnya sudah jadi bagian dari tugas generasi muda untuk mempertahankan budayanya.
Kegiatan festival budaya kayaan merangkaikan lomba-lomba. "Mulai dari Lomba Vocal Group, Lomba Tekimaa', Nyeput, Karaang Kerepga', Takna' Lawe', Petsii' Haruk hingga Karaang Pevitang. Kedepan kita upayakan kegiatan ini kedepan lebih meriah," tegas Bupati Sis.

Penutupan Festival Budaya Kayaan Mendalam 2022 berlangsung meriah dengan penampilan DJ Jon Delonge dan Anggi Lay, serta hiburan dari band dan artis Putussibau. Kegiatan dihadiri Dandim 1206/ Putussibau, Letkol Inf Sri Widodo, para Kepala Perangkat Daerah Kapuas Hulu, Muspincam Putussibau Utara, tokoh adat dan pelaku seni Kayaan Mendalam serta ribuan masyarakat dari Kabupaten Kapuas Hulu dan juga Kabupaten Sintang.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad