Catatan Kecil PLP II IKIP PGRI Pontianak Di Sekolah Mitra - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, November 10, 2022

Catatan Kecil PLP II IKIP PGRI Pontianak Di Sekolah Mitra


Foto: Kegiatan disiminasi IKM dan program sekolah sekaligus perpisahan guru dengan mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak, Rabu (9/11/2022)/Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak sebagai syarat untuk menempuh sarjana pendidikan. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II sebagai tahapan lanjutan dari PLP I yang ditempuh pada semester tujuh. 

Pelaksanaan program (PLP) II oleh mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak ke sekolah-sekolah kurang lebih 3-4 bulan dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah. Mahasiswa mengamati dan mempraktikkan semua kompetensi secara faktual pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan akademis di sekolah. 

SMA Negeri 1 Pengkadan merupakan satu-satunya SMA yang berada di kecamatan Pengkadan tepatnya berada di desa Riam Panjang. SMA Negeri 1 Pengkadan beralamat di Jalan Lintas Selatan KM. 102 Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. Sehingga SMA Negeri 1 Pengkadan merupakan harapan masyarakat kecamatan Pengkadan untuk dapat menampung seluruh lulusan SLTP yang akan melanjutkan ke SLTA. Jika dilihat dari berdirinya, SMA Negeri 1 Pengkadan yang masih sangat muda, sejak dinegerikan pada tahun 2008. 

Pada tahun pelajaran 2022/2023 jumlah siswa mencapai 258 siswa yang terdiri atas 9 rombongan belajar. Keadaan 
seperti itu turut berpengaruh terhadap eksistensi SMA Negeri 1 Pengkadan.
Selain itu, ditinjau dari segi sosial ekonomi, SMA Negeri 1 Pengkadan terletak di tengah-tengah masyarakat yang sudah memiliki kesadaran tentang arti penting sebuah pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan SMA Negeri 1 Pengkadan yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan minimnya siswa yang putus sekolah. Padahal jika dilihat dari mata pencaharian tidak sedikit masyarakat Kapuas Hulu yang berprofesi sebagai petani termasuk masyarakat di Kecamatan Pengkadan. Akan tetapi semangat untuk menyekolahkan anak-anaknya cukup tinggi.

Pelaksanaan PLP II di SMA Negeri 1 Pengkadan terhitung dari tanggal 8 Agustus 2022. Dimana kegiatan diawali dengan penyerahan Mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak ke sekolah secara 
mandiri setelah penyerahan di Kabupaten oleh Ketua Koordinator PLP II Agus Suwarno, S.Pd., M.Pd kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu. Penyerahan yang dilakukan secara mandiri ke sekolah disambut baik oleh Kepala SMA Negeri 1 Pengkadan, bapak Kusnadi, S.Pd. 

Foto: Upacara Bendera Sekaligus Penyerahan Nilai Secara Simbolis oleh Kepala Waka Kurikulum dan Pengembalian Mahasiswa/i ke IKIP PGRI Pontianak, Senin (7/11/2022)/Istimewa

Adapun uraian kegiatan PLP II di sekolah mitra diantaranya; 1) Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru. 2) menelaah strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. 3) menelaah sistem evaluasi yang digunakan oleh guru. 4) mengembangkan 
RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi. 5) latihan mengajar dengan bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong dengan tujuan agar mahasiswa merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri. 6) melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi guru.

Kepala SMA Negeri 1 Pengkadan mengatakan bahwa “Kedatangan mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak di SMA Negeri 1 Pengkadan sangat membantu sekolah. Baik dalam mengajar, mendampingi siswa/i dalam kegiatan ekstrakulikuler serta membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi guru. Kedepannya diharapkan IKIP PGRI Pontianak dapat meningkatkan koordinasi dan intensitas kunjungan / pendampingan ke sekolah mitra. Terutama SMA Negeri 1 Pengkadan, program kemitraan seperti ini akan menjadi bahan evaluasi kedepannya untuk terus melanjutkan program kemitraan ini”.

Mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak yang melaksanakan PLP II di SMA Negeri 1 Pengkadan berjumlah 7 orang dari 5 program studi yang berbeda. Pertama, Soffyana prodi pendidikan matematika. Kedua, Rahatin prodi penjaskes. Ketiga, Stephani Miliani prodi Pendidikan bahasa 
inggris. Keempat, Eki Hidayat prodi Bimbingan Konseling. Kelima, Sela Gusmania, Jai Madi, Wahyu Dinata JP. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dalam pelaksanaan PLP II di SMA Negeri 1 Pengkadan Mahasiswa/i IKIP PGRI 
Pontianak melakukan beberapa program kerja diantaranya:
1. Memperingati hari besar nasional kemerdekaan RI yang diisi dengan melaksanakan berbagai 
lomba.
2. Memperingati hari besar keagamaan umat muslim Isra dan mi’raj nabi Muhammad saw. Yang diisi dengan tausiah oleh kepala SMA Negeri 1 Pengkadan, bapak Kusnadi, S.Pd. 
3. Melakukan kerja bakti dengan gotong royong membersihkan sekolah.
4. Pendampingan ekstrakulikuler.
5. Membuat papan nama guru.
6. Membuat plang nama sekolah.
7. Merapikan papan motivasi. Dan,
8. Memperingati bulan bahasa sumpah pemuda yang diisi dengan melaksanakan berbagai lomba.
Foto: Penyerahan secara mandiri mahasiswa/i PLP II di SMAN 1 Pengkadan pada 8 Agustus 2022/ Istimewa 

Setelah kurang lebih 3 bulan pelaksanaan PLP II di SMA Negeri 1 Pengkadan. Dengan kegiatan program kerja selesai serta pengumpulan laporan sebagai tugas akhir dari kegiatan mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak. Senin, 7 November 2022 mahasiswa/i PLP II diserahkan 
kembali kepada IKIP PGRI Pontianak oleh Kepala SMA Negeri 1 Pengkadan bapak Kusnadi, S.Pd dalam kegiatan rutinitas SMA Negeri 1 Pengkadan yaitu upacara bendera sekaligus penyerahan 
nilai secara simbolis oleh ketua koordinator pamong sekaligus waka kurikulum SMA Negeri 1 Pengkadan bapak Hendri Yani Prayetno, S.Pd kepada ketua kelompok PLP II Soffyana. Dan diakhiri dengan penyerahan plakat oleh ketua kelompok PLP II kepada kepala SMA Negeri 1 Pengkadan bapak Kusnadi, S.Pd.
Rabu, 9 November 2022 merupakan pelaksanaan agenda tahunan SMA Negeri 1 Pengkadan yaitu rapat untuk pelaksanaan ulangan akhir semester serta kegiatan diseminasi IKM dan program sekolah sekaligus perpisahan guru dengan mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak. Selain dihadiri kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru dan mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. 
Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua komite SMA Negeri 1 Pengkadan bapak Marlan. Wakil wali/orang tua siswa/i SMA Negeri 1 Pengkadan bapak Tamrin dan perwakilan siswa/i SMA Negeri 1 Pengkadan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS SMA Negeri 1 Pengkadan Fani Mozaki dan Suhendi. 
Pada Pelaksanaan rapat dan desiminasi SMA Negeri 1 Pengkadan. Ada 3 kegiatan yang dilaksanakan. Pertama, penyampaian materi merdeka belajar dan IKM mandiri oleh waka kurikulum SMA Negeri 1 Pengkadan bapak Hendri Yani Prayetno, S.Pd. Kedua, penyampaian
evaluasi sekolah dan program rencana tindak lanjut oleh kepala SMA Negeri 1 Pengkadan Bapak Kusnadi, S.Pd. Ketiga, pengelolaan dan pemanfaatan TIK oleh waka kesiswaan SMA Negeri 1 Pengkadan bapak Sri Nopi Widianto, S.Pd. dan diakhiri dengan rapat pembentukan panitia pelaksanaan ulangan akhir semester SMA Negeri 1 Pengkadan.
Ketua PLP II IKIP PGRI Pontianak mengatakan “Dalam menghadiri kegiatan diseminasi dan IKM dapat menambah wawasan serta memahami kurikulum merdeka dan penggunaan aplikasi berbasis online bagi mahasiswa/i IKIP PGRI Pontianak kedepannya jika sudah menyandang gelar sarjana”.

Penulis : Sela Gusmania

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad