Lima Kecamatan di Kapuas Hulu Dilanda Banjir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, August 6, 2022

Lima Kecamatan di Kapuas Hulu Dilanda Banjir

Foto: Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan (tengah)/Istimewa

Kapuas Hulu - Banjir terjadi di wilayah kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (6/8/2022). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu ada 15 desa/kelurahan dari 5 kecamatan yang terendam banjir.
Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan berdasarkan update data hingga pukul 11.30 Wib, Sabtu (6/8/2022), ada lima kecamatan terdampak banjir, yakni Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Pengkadan, Seberuang dan Silat Hilir. "Karena curah hujan yang tinggi dari sore tanggal 4 Agustus 2022 hingga pagi hari tanggal 5 Agustus 2022 sehingga sungai di 5 Kecamatan  meluap dan mengakibatkan banjir di 15 Desa di  5 Kecamatan di Kapuas Hulu," ucap Gunawan.


Ia mengatakan untuk Kecamatan Putussibau Utara desa yang terdampak banjir adalah Desa Sibau Hilir, Desa Sibau Hulu, Desa Tanjung Lasa, Desa Padua Mendalam, Kelurahan Hilir Kantor, 
Kelurahan Putussibau Kota dan Desa Pala Pulau. "Ketinggian air di wilayah ini mulai dari 50 cm hingga 1,8 meter," ujarnya.
Untuk Kecamatan Putussibau Selatan, desa yang terdampak banjir diantaranya Desa Tanjung Lokang, Desa Bungan, Kelurahan Kedamin Hilir, Desa Tanjung Jati dan Kelurahan Kedamin Hulu. "Ketinggian airnya mulai dari 70 cm hingga 1 meter," kata Gunawan.
Kemudian di Kecamatan Pengkadan, banjir merendam Desa Pengkadan Hilir, dengan ketinggian air hingga 70 cm. Lalu di Kecamatan Seberuang, banjir terjadi di Desa Sejiram dan Desa Jerenjang. Lalu di Kecamatan Silat Hilir banjir terjadi di Desa Miau Merah. "Ketinggian air di wilayah itu juga terdata tingginya sekitar 70 cm, ada yang lebih dari itu," ucapnya.
Gunawan menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan perhatikan keamanan keluarga.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad