10 Parpol Dapat Bantuan Keuangan Total Rp 1 Miliar Lebih - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, August 23, 2022

10 Parpol Dapat Bantuan Keuangan Total Rp 1 Miliar Lebih



Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan bantuan keuangan kepada Parpol di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (23/8/2022)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan penyerahan bantuan keuangan kepada Partai Politik (Parpol) kabupaten Kapuas Hulu tahun anggaran 2022. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di aula Bappeda Kapuas Hulu, Selasa (23/8/2022). Ada 10 parpol yang menerima bantuan keuangan tersebut dan total bantuan yang diberikan adalah Rp 1 Miliar lebih.

Kepala Badan Kesbangpol, Muhtarudin, menjelaskan bahwa pemberian bantuan keuangan kepada Parpol adalah untuk mendorong peran Parpol dalam pendidikan politik. Bantuan keuangan ini bersumber dari APBD. "Ada 10 Parpol yang dapat bantuan dan total Rp 1.057.000.000,-," ujarnya.
Muhtarudin juga merincikan setiap parpol yang mendapatkan bantuan keuangan tersebut. Partai Golkar mendapat Rp 159 juta, PDI P mendapat Rp 150 juta, PPP mendapat Rp 123 juta, Gerindra mendapat Rp 112 juta, Demokrat mendapat Rp 105 juta, PKB mendapat 98 juta, Nasdem mendapat Rp 100 juta, PAN mendapat Rp 98 jt, PKPI mendapat Rp 59 juta serta Hanura mendapat Rp 49 juta. 
"Ada peningkatan nilai bantuan kali ini, dari yang sebelumnya Rp 1500/suara jadi 8000/suara. Tim verifikasi sudah melakukan pemeriksaan sehingga bisa dilakukan pencairan dana bantuan keuangan ke Parpol," ucapnya.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengatakan selain memberi bantuan, kegiatan tersebut juga ajang silaturahmi. Bupati berharap semua Parpol terus sinergi dalam upaya membangun Kapuas Hulu. "Untuk membangun Kapuas Hulu kita semua harus sinergis," tegasnya.

Pemda memberikan bantuan keuangan ini sudah diamanatkan oleh undang-undang tentang partai politik. Bantuan ini tentu ada syarat, utamanya parpol yang dapat kursi di DPRD. Kegunaan bantuan ini dalam rangka pembinaan kepada seluruh kader partai. "Harapannya dimanfaatkan dengan baik dan dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya, karena dana ini juga akan diperiksa BPK," terang Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa Parpol punya peran penting untuk menjamin pendidikan politik berjalan maksimal, selain kepada kader juga ke masyarakat. Parpol mesti mengajak kadernya untuk menjaga persatuan dan merawat kesatuan. "Karena Kader Parpol itu disiapkan untuk legislatif dan kepala daerah," ucapnya.

Bupati mengatakan tidak lama lagi sudah masuk tahun politik. Meski setiap Parpol dalam persaingan meyakinkan masyarakat untuk mendukung di Pemilu, hendaknya semua harus tetap menjaga silaturahmi. "Dalam persaingan sehat, kita harus tetap menjaga silaturahmi antar Parpol," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad