Pelepasan 14 Ikan Arwana di Danau Lindung Empangau - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, July 23, 2022

Pelepasan 14 Ikan Arwana di Danau Lindung Empangau


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan restoking atau pelepasan ikan arwana di Danau Lindung Empangau, kecamatan Bunut Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (23/7/2022)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan restoking atau pelepasan ikan arwana di Danau Lindung Empangau, kecamatan Bunut Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (23/7/2022).

Kades Empangau, Ribuan menjelaskan bahwa Danau Lindung Empangau sudah dilindungi masyarakat sejak 1998, kemudian di tahun 2001 sudah dilindungi dengan SK Bupati H. Abang Tambul Husin. Hasil pengelolaan danau lindung empangau tersebut juga digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan masyarakat. "Kami gunakan sebagian hasil dari pengelolaan danau ini sebagai sumbangan rumah ibadah, santunan duka, juga untuk membiayai SMA Peduli Danau Lindung di Empangau. SMA PDL itu sudah 9 tahun dibiayai dari danau tersebut," tuturnya.
Terkait restoking ikan arwana di danau lindung empangau kali ini jumlahnya 14 ekor. Hal ini juga bertepatan dengan perayaan 22 tahun danau lindung empangau. "Semoga kedepan ini bisa terus dilakukan," tuntasnya.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengucapkan selamat ulang tahun danau lindung empangau yang ke 22. Ia juga mengatakan sudah lama ingin berkunjung ke Empangau. "Saya memang ingin sekali hadir di Empangau sejak lama, setelah menjabat Bupati, maka saya senang sekali hari ini," ucapnya.

Terkait restoking tadi, kata Bupati, ikan yang dilepas adalah arwana. Ikan ini memiliki nilai ekonomis tinggi, semoga dengan restoking ini kedepan bisa jadi topang biaya ekonomi masyarakat Empangau. "Ini pertama kali lakukan restoking di sini, saya berharap ini dikelola dengan baik oleh masyarakat dan bisa memberi dampak ekonomi bagi masyarakat di Empangau," tegas pria yang akrab disapa Bupati Sis ini.

Ia menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu akan upayakan membantu sektor perikanan di Danau Lindung Empangau. Tahun depan akan diupayakan ada bantuan bibit atau indukan. "Restoking lagi kita tahun depan. Saya salut mendengar bahwa dari pemanfaatan danau ini bisa membantu sumbangan ke masyarakat dan juga SMA PDL," tuntasnya.

Restoking ikan arwana di Danau Lindung Empangau turut disaksikan Plt Kepala Dinas Perikanan Kapuas Hulu, Triwati, Kepala Pos PSDKP Badau, Wisnu Jaya Rantaka, Perwakilan OPD Kapuas Hulu serta jajaran Forkopimcam Bunut Hilir, serta aparatur desa Empangau dan Empangau Hilir.

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad