Cek Normalisasi Danau Sekitar Putussibau - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, July 21, 2022

Cek Normalisasi Danau Sekitar Putussibau


Foto: Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus bersama Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat dan Kasatker Op SDA Kalimantan 1, Fadilah memeriksa upaya normalisasi danau di sekitar kota Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (21/7/2022)/ Istimewa

Kapuas Hulu - Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus bersama Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat meninjau sejumlah danau disekitar kota Putussibau yang dilakukan normalisasi, Kamis (21/7/2022). Kasatker Op SDA Kalimantan 1, Fadilah turut serta dalam kegiatan itu. 

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menjelaskan bahwa ada beberapa danau di sekitar kota Putussibau yang dilakukan normalisasi, karena terjadi pendangkalan. Sebagian danau tersebut adalah danau Baning, Dogom, Sinau dan ada beberapa lagi danau lainnya.
"Ini diharapkan setelah normalisasi nanti bisa tampung debit air sehingga tidak terjadi banjir parah di Putussibau seperti beberapa tahun lalu," tegasnya.

Pembersihan atau normalisasi danau teraebut menggunakan eksa ampibi, bantuan Pemerintah Pusat. Kapuas Hulu sendiri telah mendapatkan 5 eksa ampibi tersebut.
"Ada 5 eksa ampibi kita dapat. Ini yang kerjakan pengerukan itu dan tahun Ini fokus sekitar kota Putussibau dulu," tuturnya. 

Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini menjelaskan ada 268 danau di Kapuas Hulu yang perlu dilakukan normalisasi dari pendangkalan, ini akan dimulai penangannya tahun depan. Keseluruhan danau ini diluar Danau Sentarum. "Danau-danau tersebut terjadi pendangkalan. Kita harapkan selain bisa menampung air kedepannya, danau-danau itu bisa menjadi habitat baru ikan dan jadi lumbung rejeki bagi nelayan Kapuas Hulu," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad