Perkenalkan adat-istiadat ke generasi muda di momen Gawai Dayak - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, June 25, 2022

Perkenalkan adat-istiadat ke generasi muda di momen Gawai Dayak

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memukul gong simbol pembukaan gawai Dayak Suang Ensilat di kecamatan Silat Hulu, Kapuas Hulu, Sabtu (25/6/2022)/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, menghadiri acara gawai dayak Suang Ensilat, dusun Nanga Entibab, desa Nanga Dangkan, kecamatan Silat Hulu, kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (25/06/2022). Acara tersebut dihadiri pejabat daerah, anggota dewan dan tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyampaikan bahwa momen gawai dayak merupakan rasa ungkapan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, atas berkat yang berlimpah yang diberikan sepanjang tahun, terhadap baik itu panen maupun pekerjaan. 
"Selain ungkapan syukur juga kita berharap dengan adanya gawai Dayak, segala usaha dan pekerjaan kita terus diberkati, berjalan dengan baik dan lancar, sehingga menghasilkan sesuai apa yang menjadi harapan dan keinginan kita," katanya. 

Lanjut Bupati Sis, dalam gawai dayak juga ditampilkan segala kegiatan tradisional, kesenian - kesenian tradisional, dimana anak - anak sejak dini, sudah menggunakan pakaian adat dan diperkenalkan dengan adat istiadat dan budaya yang ada. Inilah momen dimana kita terus melestarikan adat istiadat dan nilai - nilai budaya nenek moyang yang sudah turun menurun. 
"Jangan sampai kaum muda lupa dengan asal usul adat istiadat budaya yang ada, makanya saya senang sekali dan mengapresiasi sekali, dimana anak - anak kita terus diperkenalkan dengan adat istiadat dan budaya di momen gawai Dayak ini," pungkasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad