Bupati Sis Buka Acara Gawak Begugo Ke VII Suku Dayak Suruk - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, May 25, 2022

Bupati Sis Buka Acara Gawak Begugo Ke VII Suku Dayak Suruk

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka Acara Gawak Begugo Ke VII Suku Dayak Suruk di Tekalong, Rabu (25/5/2022)/Rovi Andila

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka Gawak Begugo ke VII Suku Dayak Suruk, Desa Tekalong, Kecamatan Mentebah, Kapuas Hulu, Pada Rabu (25/05/2022). Adapun tema pada kegiatan tersebut "Mempertahankan Eksistensi Budaya Adat dan Tradisi Suku Dayak Suruk Di Era Digitalisasi dan Perkembangan Zaman,". Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari. 

Pada Kesempatan Tersebut Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan gawai dayak suruk ke tujuh di desa Tekalong, kegiatan gawai Dayak juga merupakan tradisi atau adat istiadat turun menurun yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh masyarakat Suku dayak, Dimana kita mensyukuri atas berkat yang Tuhan berikan, terhadap panen pada tahun ini. 

"Ini adalah suatu acara menyatakan kegembiraan ucapan syukur kita kepada tuhan, dimana masyarakat kita bersukacita baik itu dengan bernyanyi tradisional dan sebagainya," Katanya. 

Bupati Sis juga meminta kepada masyarakat dan para generasi muda, untuk terus melestarikan adat dan budaya, agar adat dan budaya kita tidak hilang, sehingga kedepan bisa menjadi daya tarik dari masyarakat dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi ragam budaya dan adat yang ada di kapuas hulu. 

"Saya juga berharap kepada semua warga agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan acara gawai Dayak ini, itu merupakan ucapan syukur kita kepada Tuhan," Katanya. 

Bupati Sis juga berperan, agar dalam pelaksanaan gawai Dayak ini tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, walaupun saat ini kita ketahui kondisi pandemi COVID-19 sudah sangat terkendali, tetapi kita tidak boleh lengah. 

"Bagi Masyarakat yang belum di vaksinasi, agar segera melakukan vaksinasi, karena vaksinasi ini sangat bermanfaat," Katanya. 

Sementara itu Temenggung Suku Dayak Suruk Marten Rasip, Berharap kedepan Suku Dayak suruk, bisa memiliki rumah adat, karena sampai saat ini Suku Dayak suruk belum memiliki rumah adat. 

"Mudah-mudahan kedepan Dayak Suruk bisa memiliki rumah adat," pungkasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad