Bupati dan Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Beri Reward ke Pengerajin Tenun - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, April 6, 2022

Bupati dan Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Beri Reward ke Pengerajin Tenun

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Ketua Dekranasda Kapuas Hulu, Ny. Angelina Fremalco Diaan memberi Reward ke Pengerajin Tenun di Pendopo Bupati Kapuas Hulu, Rabu (6/4/2022)/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Angelina Fremalco Diaan menggelar ramah tamah dengan pengerajin se Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam kesempatan itu keduanya memberi reward kepada kelompok pengrajin tenun sidan "Bungai Ngerembai" yang merupakan Peraih penghargaan best of the best pada inacraft award tahun 2022 di Jakarta. Pemberian reward tersebut dilaksanakan di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu (06/04/2022). 

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyampaikan dengan meraih penghargaan best of the best pada inacraft award tahun 2022 di Jakarta, ini membuktikan bahwa para pengerajin di Kapuas hulu cukup serius dan betul - betul konsen dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan tersebut. 
"Kedepan saya berharap agar hal - hal seperti ini terus ditingkatkan, kemampuan bapak ibu men update kan diri bukan hanya di kerajinan tenun sidan saja tetapi di masih banyak potensi - potensi yang kita miliki di Kapuas hulu terutama pengerajin kayu," tegas Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini. 
Bupati Sis mengatakan setiap ada kegiatan pihaknya selalu membeli produk kerajinan - kerajinan Kapuas hulu, baik itu kerajinan kayu maupun kerajinan tenun. Ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung para pengerajin, agar termotivasi. Bila mereka termotivasi maka mereka terus berinovasi mengembangkan produknya. 
"Potensi yang kita miliki di Kapuas hulu bukan hanya kain tenun saja tetapi masih banyak potensi yang terus kita kembangkan. Kita gali yang memang ada di tempat kita, ini tentu akan menjadi daya tarik juga bagi masyarakat luar," ucapnya. 

Bupati Sis juga berharap, dengan menjadi juara secara nasional meraih penghargaan best of the best pada inacraft award tahun 2022 di jakarta, semakin menarik perhatian masyarakat luar ke kain tenun sidan. 
"Mereka datang ke Kapuas Hulu sehingga berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat Kapuas Hulu," katanya. 

Sementara itu Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Angelina Fremalco, mengatakan tenun sidan akan dilombakan lagi di ajang internasional di UNESCO Awards. Ia berharap tenun sidan mendapatkan juara di ajang tersebut. 
"Kami juga berterima kasih kepada Bupati Kapuas Hulu yang telah mendukung kami, industri kerajinan ini juga merupakan industri yang menjanjikan yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya. 
Angelina juga mengajak seluruh jajaran dekranasda besama - sama bekerja memberikan sumbangsih pikiran untuk kemajuan pengerajin di Kapuas hulu. 
"Kita sebagai orang Kapuas Hulu harus bangga, di Kapuas Hulu tidak ada pengkotak - kotakan," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad