Sinkronisasi dan Sinergitas Program Untuk Gapai Kapuas Hulu HEBAT - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, February 24, 2022

Sinkronisasi dan Sinergitas Program Untuk Gapai Kapuas Hulu HEBAT

Foto: Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini memberi arahan saat kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2023 di Aula Bappeda Kapuas Hulu, Rabu (24/02/2022)/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini, menghadiri Forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bappeda Kapuas Hulu, Rabu (24/02/2022). Adapun tema kegiatan tersebut adalah "peningkatan kualitas perekonomian daerah melalui pembangunan infrastruktur".

Pada kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini menuturkan, bahwa Forum konsultasi publik rancangan awal RKPD adalah wadah bersama, antara pelaku pembangunan untuk melakukan penajaman, penyelarasan, kualifikasi, dan penyepakatan, terhadap perencanaan  pembangunan daerah. 

"Sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan kerja pemerintah daerah yang diintegrasikan, dengan program percepatan pencapaian visi dan misi Bupati Dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu terwujudnya Kapuas Hulu HEBAT," ujarnya. 

Dalam rangka percepatan pencapaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, kata Mohd Zaini, maka tema rencana kerja pemerintah daerah tahun 2023 adalah "peningkatan kualitas perekonomian daerah melalui pembangunan infrastruktur". Ini berfokus pada peningkatan pertumbuhan ekonomi  sektor unggulan, peningkatan kualitas infrastruktur dasar, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup. 

"Terkait dengan program percepatan pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati fokus lintas pembangunan daerah kapuas Hulu harus menjadi perhatian khusus dari kita semua," ujarnya. Zaini menegaskan melalui kegiatan tersebut diharapkan ada masukan dan saran demi percepatan pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati tahun 2021 - 2026. Ini tentu berfokus pada lintas pembangunan daerah yang telah ditetapkan, tentunya dapat dicapai apabila semua perangkat daerah dapat melakukan sinkronisasi dan sinergitas terhadap berbagai program kegiatan lintas daerah yang telah ditetapkan. 
"Sehingga diharapkan bahwa program atau kegiatan yang dilaksanakan tidak berjalan sendiri - sendiri, tapai merupakan bagian kesepakatan dalam rangka percepatan pencapaian visi dan misi kapuas Hulu HEBAT," ujarnya. 

Sementara itu Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) kabupaten Kapuas Hulu, Ambrosius Sadau menuturkan rancangan awal RKPD Kapuas Hulu tahun 2023 untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal. Ini tujuannya untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2023.
"Dasar pelaksanaan Forum konsultasi publik rencana awal RKPD kapuas Hulu tahun 2023, adalah peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017, tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangu," ujarnya. 

Sadau menjelaskan diskusi tersebut penting untuk mendapatkan masukan dan saran dari semua peserta konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2023. Dengan begitu diharapkan semakin mempercepat tercapainya visi misi Kapuas Hulu HEBAT. "Kita tentu ingin kegiatan ini memberi kontribusi yang baik dalam rangka percepatan program dalam mencapai visi misi Kapuas Hulu Hebat," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad