Wabup Kapuas Hulu, Wahyu Tinjau Potensi Kopi Bahenap di Pedalaman Kalis - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, January 28, 2022

Wabup Kapuas Hulu, Wahyu Tinjau Potensi Kopi Bahenap di Pedalaman Kalis

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat Mengunjungi Desa Bahenap di Pedalaman Kecamatan Kalis Untuk Meninjau Potensi Kopi/ Istimewa

Kapuas Hulu - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat blusukan menggunakan motor ke Desa Bahenap, salah satu desa di pedalaman kecamatan Kalis, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Wabup yang akrab disapa Wahyu ini membawa rombongan dengan mengunakan motor trail, menyusuri hutan dan berjibaku dengan lumpur, untuk sampai ke Bahenap. Bahkan Wahyu sempat terjatuh dari kendaraan yang ia gunakan.

Perjalanan melelahkan Wahyu, terbayar saat menjumpai masyarakat. Bahkan ia memantau langsung potensi kopi Bahenap, yang sudah terkenal akan cita rasa enaknya. "Kemaren kami mencoba masuk Kensurai ke Bahenap, jalan jelek dan sempat jatuh. Tapi Ini gunanya berkunjung  ke sana, ada potensi kopi yang saya dan kawan-kawan temukan," ujarnya. 
Saat berdiskusi dengan masyarakat petani kopi disana, Wahyu mendapati bahwa masyarakat belum terlalu paham akan perawatan kopi, guna meningkatkan produktifitas. Untuk itu, Wahyu telah mengkomunikasikan ke Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu untuk mendorong pelatihan bagi para petani kopi Bahenap. "Saya sudah instruksikan Dinas pertanian sudah kami arahkan agar memberi pelatihan untuk meningkatkan produksi. Pelatihan secepatnya, kalau bisa bantu pupuk juga agar produksi masyarakat lebih baik," paparnya.
Wahyu mengatakan informasi dari warga sekitar permintaan dari luar daerah untuk kopi bahenap sudah banyak, namun produksi masyarakat belum cukup untuk memenuhinya. Sebab bimbingan dan pendampingan dari Pemkab Kapuas Hulu sangat dibutuhkan masyarakat bahenap. "Kopinya enak, citarasanya khas. Bila dicampur jahe lebih enak lagi," ucapnya.
Terkait jalan yang rusak, Wabup Wahyu mengatakan status jalan tersebut berada dalam kawasan hutan, sehingga Pemkab terbentur di kewenangan untuk melakukan perbaikan. Namun kedepan, kata Wabup Wahyu, itu akan dicoba bagaimana cara yang tepat dan prosedural untuk membangunnya.
"Saya langsung mengunjungi untuk tahu kondisi itu. Jalan ini masih kawasan hutan lindung dan masih jelek, jatuh-jatuh waktu kami kesana. Nanti kita usahakan sesuai aturan untuk solusinya," tuntas Wahyu. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad