Usulkan VISAT IP Backup Jaringan Internet Pemda-KH - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, November 10, 2021

Usulkan VISAT IP Backup Jaringan Internet Pemda-KH

Foto: Hambali

Kapuas Hulu - Koneksi Internet di Kapuas Hulu terganggu, kinerja Pemerintah yang berbasis online juga terhambat. Demikian pula dengan aktifitas masyarakat yang memanfaatkan jaringan internet terganggu.

Kabid Statistik dan Aplikasi Informatika, Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu, Hambali menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengusulkan untuk program jaringan internet via satelit, khusus untuk mendukung kinerja Pemda Kapuas Hulu untuk melayani masyarakat. Hal ini dapat jadi solusi saat provider internet lain mengalami gangguan.
"Sebelumnya kami sudah berupaya mengusulkan untuk jaringan internet via satelit. Ini April lalu, kami usulkan namun terkendala anggaran. Ini sudah ada rincian, spek dan lokasi untuk cover kebutuhan Pemkab saat urgensi saat ini. Program ke VISAT IP," ujar Hambali saat ditemui media diruang kerjanya, Selasa (9/11/2021).
Terkait dengan keadaan telekomunikasi yang saat ini terganggu di Kapuas Hulu, kata Hambali, pihaknya selalu komunikasi terkait gangguan yang ada ke pihak Telkom. Kemaren, kata Hambali, pihaknya mendapat informasi dari pihak terkait bahwasanya karena banjir di Sintang sudah membahayakan beberapa alat komunikasi, maka itu dipadamkan.  "Dipadamkan ini dari pihak Telkom Sintang sehingga menyebabkan dampak gangguan jaringan internet ke Kapuas Hulu," ujarnya.
Pada dasarnya jaringan telekomunikasi di Kapuas Hulu ada tiga provider, yakni Telkom dan Indosat juga XL. Khusus provider XL hanya ada di tiga lokasi saja, yang dominan dari Indosat juga Telkomsel. Telkomsel sendiri satu jalur dengan Telkom. "Sekarang memang warga ada yang beralih ke Indosat, bisa internet walau agak lambat," ujarnya.
Terkait dengan upaya perbaikan jaringan internet di Kapuas Hulu, kata Hambali, pihaknya tidak dapat mengintervensi pihak provider. Hanya saja, pihaknya selalu berkomunikasi untuk mendapatkan informasi terkait kendala dan upaya, kemudian disampaikan kepada jajaran Pemda Kapuas Hulu.
"Gangguan yang terjadi saat ini memang bencana alam, diluar kendali manusia. Pelayanan secara online di Pemda memang terputus sementara ini, kita berharap masyarakat dapat memahami kendala ini," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad