Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil PDD Polnep Kapuas Hulu Bangun Gerbang Makam - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, November 18, 2021

Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil PDD Polnep Kapuas Hulu Bangun Gerbang Makam

Foto: Gerbang Makam yang selesai dibangun oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil PDD Polnep Kapuas Hulu/Istimewa

Kapuas Hulu - Program Studi Teknik Sipil PDD Politeknik Negeri Pontianak Kabupaten Kapuas Hulu Kembali Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM)
Kegiatan PPM PDD POLNEP Tahun 2021 dilaksankan di wilayah RT 001/RW 004 Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara dengan tema Pembangunan Gerbang Makam Muslim AL-MUHTADIN. Pembangunan tersebut selesai pada 9 Oktober 2021.

Ketua tim PPM Prodi Teknik Sipil Dedy Virnawan, ST., M.Tr.T menjelaskan kegiatan PPM ini dilatarbelakangi oleh Masyarakat RT.001, RW.004 yang mendapatkan tanah wakaf dan akan  dimanfaatkan sebagai tempat pemakaman  muslim. Tanah tersebut luasannya 52,6 m x 87,5 (4062,5 M2). "Lahan tersebut merupakan lahan kosong dan belum ada pembangunan fasilitas pendukung sama sekali, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerapihan lokasi makam dan kejelasan batas makam dengan tanah warga," ujarnya, Kamis (18/11/2021).
Pelaksanaan kegiatan PPM ini melibatkan masyarakat yang berada di sekitar lokasi, serta tim PPM yang terdiri dari beberapa orang dosen, Teknisi, dan Mahasiswa di lingkungan  Program Studi Teknik Sipil PDD Politeknik Negeri Pontianak Kabupaten Kapuas Hulu. 
Foto: Proses pekerjaan gerbang makam/Istimewa

Kegiatan PPM ini juga dilakukan  untuk melatih mahasiswa  mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari di kampus untuk diterapkan dilapangan. "Khususnya pada bangunan dengan struktur kayu dan sekaligus mengajarkan mahasiswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat," ungkap Dedy Virnawan. 
Ia juga berharap dengan berdirinya gerbang makam ini bisa menjadi langkah awal untuk dapat memicu masyarakat atau pihak lain, sehingga dapat membantu dalam pembangunan fasilitas lainnya seperti jalan dan jembatan. "Karena mengingat untuk menuju lokasi rencana makam saat ini harus menyebrang sungai  dan melewati jalan setapak," tuturnya.
Dedy Virnawan mengatakan kegiatan PPM ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat sehingga diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi langkah awal yang sangat baik untuk menjalin kerjasama pihak kampus dengan masyarakat.


Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad