Bupati Sis Dampingi Menteri PUPR dan Ketua Komisi V DPR - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, November 26, 2021

Bupati Sis Dampingi Menteri PUPR dan Ketua Komisi V DPR

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meninjau pekerjaan jalan paralel perbatasan Nanga Erak - Batas Kaltim, Jumat (26/11/2021)/Ando- Humpro Setda KH

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mendampingi Menteri PUPR Ir. Basuki Hadimuljono dan Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus, M.Si dalam acara Kunjungan Kerja Kementerian PUPR di Kabupaten Kapuas Hulu. Jum'at (26/11/2021)

Setiba di bandara Pangsuma Putussibau, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan beserta rombongan Kementerian PUPR melanjutkan perjalanan kerumah betang uraang unsa untuk berdialog dengan tokoh adat setempat. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa kawasan perbatasan yang ada di Kalimantan akan dibangun untuk pusat ekonomi baru terutama di pintu lintas negara.

"Ada 10 kawasan perbatasan di Kalimantan yang kita bangun. Lima diantaranya ada di Kalimantan Barat yang pengerjaannya sudah selesai seperti di Aruk, Entikong dan Badau, sisanya masih dalam pembangunan," ujarnya.
Basuki menambahkan dari 1.415 km jalan pararel perbatasan yang sudah dikerjakan sepanjang 1.356 km, sisanya sedang akan ditembus dengan memperhatikan kondisi alam. 
"Dari 1.356 km yang sudah tembus itu baru 450 -an sudah di aspal sisanya sudah ada yang dipengerasan dan tanah, jadi pasti akan kita selesaikan sampai 2024 nanti, semua bisa beraspal dari Aruk sampai Kaltim," ungkapnya.
Basuki menambahkan untuk kawasan perbatasan, kementerian PUPR ditugasi untuk membangun sarana air minum, rumah tidak layak huni dan lain sebagainya. Sedangkan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memiliki otoritas untuk mengarahkan program dari kementerian.
"Seperti bantuan rumah tidak layak huni itu bagian dari otoritas Ketua Komisi V Bapak Lasarus untuk mengarahkan program dari kementerian PUPR ke Kabupaten Kapuas Hulu," tuntasnya.
Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono/Ando-Humpro Setda KH

Sementar itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengusulkan kepada Kementerian PUPR agar kiranya membangun water front pada lokasi di depan Pendopo Bupati tahun 2022 mendatang, itu agar menjadi fasilitas umum masyarakat. Selain itu Bupati Sis juga mengusulkan program pembangunan air bersih, kawasan kumuh, bantuan rumah tidak layak huni.
"Dengan hasil tinjauan tadi, pak Basuki telah menyampaikan akan dikerjakan pada tahun 2022 untuk water front, semoga apa yang telah kita usulkan bisa terealisasi," tuntas Bupati Sis.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad