ASF Serang 9 Kecamatan Di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, November 27, 2021

ASF Serang 9 Kecamatan Di Kapuas Hulu

Foto: Hiasintus Gunung Agung

Kapuas Hulu - Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Hiasintus Gunung Agung menuturkan, ASF (African Swine Fever) sudah menyebar di 9 kecamatan di Kapuas hulu, diantaranya kecamatan Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Bika, Embaloh Hulu, Seberuang, Silat Hilir, Kalis, Mentebah serta Kecamatan Semitau. 

"Yang sudah dilakukan penyuntikan serum diantaranya kecamatan Putussibau Utara, Embaloh Hulu, Seberuang, Kalis, Mentebah dan Kecamatan Semitau, sedangkan di kecamatan Batang Lupar dan Embaloh Hilir baru ada laporan kematian Babi namun belum dilakukan uji laboratorium," ucapnya saat ditemui Di Kapuas Hulu pada Jumat (26/11/2021). 

Penyakit ASF sendiri Kata Gunung, Baru di Kabupaten Kapuas Hulu yang sudah menyebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, selain itu ASF juga masuk di Kapuas Sintang, dan kabupaten Sekadau. 

"Yang lainnya masih dalam tarap Uji Laboratorium," kayanya. 

Adapun Upaya yang dilakukan Ucap Gunung, Pihaknya sudah melakukan sosialisasi investigasi di daerah tertular, pengambilan sampel untuk uji laboratorium, Pembagian Disinfektan kepada masyarakat di daerah-daerah tertular penyakit ASF, selain itu juga dilakukan penyuntikan serum. 

"Yang tuntas penyuntikan serum sendiri baru kecamatan Seberuang dan Putussibau Utara, sedangkan di Embaloh Hulu, Kalis dan Mentebah masih dalam tahap dan tahap kedua, sedangkan kecamatan lainnya belum dilakukan penyuntikan serum kepada babi," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad