Bisa Cetak Administrasi Kependudukan di ADM - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, November 2, 2021

Bisa Cetak Administrasi Kependudukan di ADM

Foto: Usmandi

Kapuas Hulu - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu, Usmandi menghimbau kepada seluruh masyarakat bagi yang belum memiliki dokumen kependudukan, agar dapat segera diurus. Baik itu masyarakat yang ada di ibukota kabupaten, kecamatan dan desa. Pelayanan dapat dilakukan melalui sistem layanan kependudukan online. 

"Saat ini dukcapil Kapuas Hulu memiliki Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), dan bisa mencetak langsung sendiri di ADM, tanpa harus datang ke kantor dinas, dengan catatan masyarakat harus menyampaikan nomor hp aktif dan email," ujarnya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Selasa (02/11/2021). 

Selain ADM, Usmandi menuturkan dukcapil juga memiliki mobil pelayanan keliling. Mobil ini diturunkan untuk melakukan pelayanan ke daerah daerah, tentunya yang dapat dijangkau dengan mobil pelayanan keliling tersebut. Belum lama ini pihaknya juga sudah melakukan pelayanan di kecamatan Boyan Tanjung dan Bunut Hulu mengunakan mobil pelayanan keliling, artinya pelayanan pihaknya tidak hanya fokus di kantor desa atau kecamatan saja, tetapi dapat juga dilakukan di dalam mobil pelayanan keliling. 
"Mobil ini seperti kantor berjalan, sampai saat ini juga keadaan mobil pelayanan keliling juga dalam kondisi baik, dan siap kita turunkan ke lapangan," ucapnya. 

Namun Dukcapil juga tidak bisa menurunkan kepada semua desa, mengingat kondisi jalan yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu tidak semuanya mulus. Khusus daerah yang jauh, pihaknya harus menggunakan kendaraan lain seperti hilux. Dalam pengurusan juga tidak dipungut biaya, semuanya gratis. Hanya satu yang pihaknya minta, masyarakat harus memberikan data yang benar, sehingga nanti tidak ada perbedaan data. "Baik itu KTP KIA KK Ijazah Paspor dan dokumen lainnya," tuntas Usmandi.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad