6474 Nelayan Kapuas Hulu Terdampak Banjir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, November 25, 2021

6474 Nelayan Kapuas Hulu Terdampak Banjir

Foto: Harti Sunthari

Kapuas Hulu - Kasi Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu Harti Sunthari, menyampaikan pengarah banjir terhadap nelayan, tentunya sangat berdampak sekali, terutama terkait hasil tangkapan ikan, selain itu iklim atau cuaca yang tidak mentu juga berpengaruh pada hasil tangkapan. 

"Sehinga Sangat sulit sekali pasca banjir ini, kalau untuk nelayan dalam merangkap ikan, karena airnya kerumah, disaat banjir kayak gini juga ikan nya bermuaya kemana - mana,  " katanya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Kamis (25/11/2021). 

Kata Harti, saat ini berdasarkan data yang ada saat ini terdapat 6474 nelayan terampak banjir  yang tersebar di 7 kecamatan yang ada nelayan, baik itu di kecamatan selimbau Jongkong bunut Hilir Embaloh Hilir Suhaid batang lupar dan badau. 

"Dari 7 kecamatan tersebut terdapat 35 desa, yang nelayan nya terdampak banjir," ujarnya. 

Pasca banjir kata Harti, sangat berimbas pada mata pencarian nelayan karena sulit mendapatkan ikan, iya berharap ada bantuan kepada nelayan - nelayan yang terdampak banjir. 

"Terutama nelayan yang berada di wilayah Sentarum, karena disitu hampir 90 persen mata pencarian warga adalah nelayan, dan tidak ada mata pencarian lain," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad