Pedagang Pinggir Jalan Sudah Pindah ke Pasar Dogom Permai - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, October 25, 2021

Pedagang Pinggir Jalan Sudah Pindah ke Pasar Dogom Permai

Foto : Kasianus Kintoi

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Dan UKM Dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Kasianus Kintoi mengatakan terkait dengan pemindahan pasar dogom permai yang berada di pantai sibau, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin, jauh - jauh hari pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha.

"Dimana kita memberikan formulir, dan dilakukan pendataan kembali, setelah itu pada bulan oktober ini, tepatnya pada tanggal 20, para pelaku usaha atau para PKL yang berada di jalan Dipenegoro, dan di gang swadaya suah kita pindahkan ke pasar dogom permai yang baru," kata Kintoi saat di temui di pasar dogom permai, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada senin (25/10/2021).

Memang masih ada PKL yang berjualan di luar pasar dogom yaitu di halaman parkir, kata Kintoi, itu sudah kita usahakan untuk masuk kedalam, namun PKL tersebut masih ngotot. Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan serta pihak Satpol PP tetap berusaha untuk bisa memindahkan mareka masuk ke dalam, karen PKL yang berada di dalam juga ngotot kalau ada yang berjualan di luar.

"Terkait dengan lapak di pasar dogom permai memiliki 174 lapak, dan itu sudah terisi semua, awalnya kita berikan kesempatan pada mareka untuk cabut undi yang dihadiri sekitar 85 persen PKL, mareka suah mengakui lapak mareka masing-masing dan 15 persen sudah mendaptar tapi belum cabut undi," ucapnya.

Setelah kita buka pasar dogom permai ujar Kintoi, masukan dari PKL yang berada dogom permai, supaya dibuatkan pengumuman dan pengumuman tersebut juga suah pihak nya buat, disitu dikatakan bahwa bagi mareka yang sudah mendapatkan nomor lapak supaya segera menempati, dan yang suah mendaptar belum cabut undi agar segera melaksanakan cabut undi. 

"Sebagian ada yang tidak mau dipindahkan, kepasar dogom permai, seperti contoh lah masih ada yang berjualan ikan, tetapi yang berjualan di jalan protokol suah kita pindahkan semua," ucapnya.

Kintoi mengharapkan dengan dipindahkan para PKL yang berada di jalan protokol dan gang swadaya, aktivitas masyarakat melewati jalan tersebut lancar, selain itu, iya meminta para PKL yang berada di pasar dogom permai tetap bertahan, pasar dogom permai sendiri merupakan salah satu pasar terbesar di Kapuas Hulu.

Foto: Masar Dianto

Sementara itu salah satu pedagang cabai yang berjualan di pasar dogom permai Masar dianto, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menyediakan tempat untuk berjualan, dengan dipindahkan ke pasar dogom permai pihak tidak berjualan lagi di pinggir jalan.

"karena baru dipindahkan, otomatis pengunjung sedikit demi sedikit meningkat.  pembeli nya juga kurang, jadi pendapat kami para PKL masih rendah, ketimbang berjualan di pinggir jalan, tapi tidak heran karena ini baru dipindahkan, jadi tentunya kedepan semakin membaik tentunya apabila pasar dogom permai sudah ramai pembeli, pendapatan PKL juga akan meningkat," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad