Ajak Penyuluh Agama Islam dan Penghulu Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, October 25, 2021

Ajak Penyuluh Agama Islam dan Penghulu Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat

Foto: Wahyudi Hidayat, Wabup Kapuas Hulu saat memberi sambutan dalam acara pelantikan pengurus APRI dan FKPAI Kapuas Hulu di MABM Kapuas Hulu, Senin (25/10/2021)/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri acara pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kapuas Hulu masa bhakti 2021-2025. Kegiatan tersebut diadakan Kanwil Kemenag Kapuas Hulu di gedung MABM Kapuas Hulu, Senin (25/10/2021).

Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia, kabupaten Kapuas Hulu, H. Muhammad Yusuf menuturkan penghulu kedepannya harus mengedepankan wawasan dan profesionalitas dalam berkerja. APRI adalah wadah penghulu memperjuangkan aspirasinya. "Semoga penghulu bisa berkarya mewujudkan citra dan membawa marwah yang baik bagi Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu," tegasnya.
APRI Kapuas Hulu punya prinsip sendiri. Pertama bersinergi dengan seluruh organisasi termasuk pemerintahan, kedua bersatu dalam paham pendapat dan kebijakan dalam pelayanan, ketiga bersemangat apapun kondisi dan tantangan dilapangan, keempat hebat dalam artian mendukung visi misi Kepala Daerah Kapuas Hulu. Terkahir  APRI tetap mengedepankan kata 'SAH' artinya menolak pernikahan ilegal harus sesuai perundang-undangan berlaku. "Ini prinsip APRI Kapuas Hulu," tegas Yusuf.


Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan pentingnya peran penghulu dan penyuluh agama dalam kehidupan masyarakat. Selain terkait penugasan, mereka juga adalah panutan masyarakat. "Sebab itu saya minta bantu agar melayani dengan baik dan ikhlas masyarakat kita di Kapuas Hulu ini," ujarnya.
Bagi penyuluh agama, Wahyu, mengajak untuk dapat melakukan pembinaan keagamaan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan pemanfaatan plat form digital. "Kegiatan penyuluh agama perlu dilakukan dengan baik sesuai perkembangan teknologi. Penyuluhan dapat kedepankan aspek keagamaan dalam membina kaum milenial," ujarnya. 
Wahyu juga berharap agar penghulu dan penyuluh agama dapat sejalan dengan Pemda Kapuas Hulu. Khususnya dalam membina masyarakat terkait dengan program pemerintah, baik itu dari sisi keagamaan juga dari sisi lainnya.
"Saya berharap dan minta tolong dengan bapak penghulu dan penyuluh agama agar kedepan terus bangun koordinasi dengan semua pihak untuk sukseskan program dan kegiatan. Mereka adalah panutan, ucapannya didengar masyarakat," tuntas Wahyu.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad