Bangun Objek Wisata Arum Jeram Rantau Kalis, Sasaran Wisatawan Malaysia - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, October 13, 2021

Bangun Objek Wisata Arum Jeram Rantau Kalis, Sasaran Wisatawan Malaysia

Foto: Agus Triyono

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata (Disporapoar) Kabupaten Kapuas Hulu, Agus Triyono, mengatakan bahwa desa Rantau Kalis, kecamatan Kalis jadi target untuk pengembangan objek wisata arum jeram. Disporapor Kapuas Hulu mencoba mensupport untuk bantuan hibah ke desa Rantau Kalis. Bantuan berupa 2 unit perahu arum jeram serta peralatan sepertinya 1 set dengan angaran kurang lebih Rp 90 juta.
"Dengan perahu memiliki kapasitas 6 sampai 7 orang yang lengkap dengan peralatan keselamatannya, seperti helm pengayuh jaket pelampung pokoknya satu set," katanya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu (13/10/2021).
Selain itu, dari Disporapar Kapuas Hulu juga membangun Steher atau landasan untuk arum jeram, ini ada 2 buah, beserta toilet atau ruang ganti. Jadi dua kegiatan tersebut anggaran nya kurang lebih Rp 195 juta rupiah. Berdasarkan informasi dari masyarakat setiap tahun ada 2 kali kunjungan dari Malaysia ke Rantau Kalis.

"Berdasarkan data yang disampaikan kepada kami, kurang lebih 200 sampai 300 orang dari Malaysia ke Rantau kalis, untuk itu kita membangun objek wisata arum jeram, dimana disana memiliki air yang cukup jernih, arus juga tidak terlalu deras dan tidak dalam, dan cocok untuk objek wisata arum jeram, maupun tubing," ucapnya.

Mudah mudahan nanti dengan dibukanya wisata arum jeram, kata Agus, animo kunjungan wisatawannya makin banyak. Tahun depan kalau tidak ada halangan akan ditambahkan lagi unit untuk arum jeram tersebut dan juga akan menambah tubing itu.
"Objek wisata arum jeram juga belum di buka namun sudah kita promosikan lewat sosmed seperti youtube, dan sudah ada juga wisatawan luar Kapuas Hulu menanyakan wisata tersebut sudah dibuka atau belum, karena wisata arum jeram Rantau kalis juga sangat bagus," tuntasnya.

Penulis: Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad