Bupati dan Kajari Kapuas Hulu Pimpin Jumat Bersih - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, May 31, 2024

Bupati dan Kajari Kapuas Hulu Pimpin Jumat Bersih


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Kajari Kapuas Hulu, Samsuri memimpin kegiatan jumat bersih di kota Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (31/5/2024)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu, Samsuri memimpin aksi jumat bersih di kawasan kota Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (31/5/2024). Kegiatan tersebut, selain dalam rangka peringatan HUT kota Putussibau ke 129, juga dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia. Bupati dan Kajari Kapuas Hulu selain membersihkan lingkungan juga membagikan bibit pohon berbagai jenis tanaman kepada para peserta yang ikut kegiatan tersebut.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa kegiatan jumat bersih dan pembagian bibit tanaman merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dalam mengurangi terjadinya emisi gas rumah kaca yang berlebihan di atmosfer. Emisi gas rumah kaca menimbulkan pemanasan global yang kemudian menyebabkan adanya perubahan iklim dan memicu kondisi krisis iklim di indonesia maupun di dunia. "Sebab itu kita harus gotong royong melakukan gerakan peduli lingkungan, mulai dari mengelola sampah secara baik hingga pada keaktifan kita dalam menanam pohon," ujarnya.
Fransiskus juga mengajak semua pihak agar mengaktifkan lagi kegiatan jumat bersih di lingkungan masing-masing serta melakukan pengelolaan sampah dengan konsep 3R. Konsep 3 R adalah Reuse yakni menggunakan kembali sampah-sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi; Reduce yakni mengurangi segala sesuatu
Yang mengakibatkan atau memunculkan sampah; dan Recycle yakni mengolah kembali sampah atau daur ulang menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat. "Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang selalu konsisten melakukan kegiatan jumat bersih sejak diterbitkannya surat edaran Gerakan jumat bersih Nomor 696 tanggal 13 September 2023," tuntasnya.
Dalam kegiatan jumat bersih kali ini, turut serta Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini, para Kepala OPD Kapuas Hulu dan seratusan peserta dari kalangan ASN, TNI-Polri, BUMN dan BUMD.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad