Dishub Kapuas Hulu Akan Ramcek Angkutan Umum - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, March 27, 2024

Dishub Kapuas Hulu Akan Ramcek Angkutan Umum


 Foto: Serli, Kepala Dishub Kapuas Hulu/ Yohanes Santoso 
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Arus mudik akan meningkat menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah/ 2024 M. Dinas Perhubungan (Dishub) Kapuas Hulu akan melakukan ramcek pada sejumlah perusahaan penyedia angkutan umum darat dan para penyedia jasa angkutan umum sungai.
Kepala Dishub Kapuas Hulu, Serli menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan Ramcek dalam waktu dekat. "Kami akan lakukan itu antara tanggal 28 hingga 30 Maret 2024 ini, sasarannya beberapa perusahaan angkutan umum," ujar Serli, Rabu (27/3/2024). 
Adapun perusahaan angkutan umum darat yang akan dilakukan Ramcek, kata Serli adalah perusahaan bus Printis, Sentosa, Maju Terus, Kapuas Raya, BUMN Damri dan Putra Kembar. "Pada hari yang sama, kami juga akan cek kelaikan transportasi sungai di lanting apung Dishub Kapuas Hulu di Putussibau, ini akan dilakukan petugas kami di bidang ASDP," ujarnya.
Serli mengatakan Ramcek akan memeriksa beberapa aspek mulai dari fisik kendaraan, kesehatan supir dan kelengkapan syarat. Bila kendaraannya secara fisik ada kerusakan yang fatal, Dishub akan  menghentikan armada itu untuk beroperasi. "Kita tidak inginkan terjadi hal yang tidak di inginkan, bila kendaraan tidak laik tetap dioperasikan," tegasnya.
Kalau sifatnya kekurangan administrasi, Dishub akan menyampaikan ke pihak perusahaan terkait untuk melengkapinya.
"Armada bus angkutan umum yang kami cek nanti adalah  bus yang melayani rute lintas kabupaten dan lintas kota dalam kabupaten," ujarnya.
Untuk kendaraan angkutan umum sungai, kata Serli, pemeriksaannya juga mencakup pemeriksaan fisik speedboat,  kondisi kesehatan pengemudi dan kelengkapan surat kepemilikan serta surat operasionalnya. "Kami akan himbau agar jasa angkutan umum sungai menyediakan life jacket untuk penumpang, terutama mereka yang tidak bisa berenang. Kemudian kita minta agar tersedia lifebuoy atau pelampung juga," tuntas Serli.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad