Bupati Sis Ajak Masyarakat Rantau Kalis Gali Potensi Wisata Baru - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, December 27, 2023

Bupati Sis Ajak Masyarakat Rantau Kalis Gali Potensi Wisata Baru


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka Festival Budaya Benua Kalis II  dan Ekspos Wisata Desa Rantau Kalis, Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat,  Rabu (27/12/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka Festival Budaya Benua Kalis II  dan Ekspos Wisata Desa Rantau Kalis, Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat,  Rabu (27/12/2023). Dalam kegiatan itu Bupati Kapuas Hulu mengajak masyarakat Desa Rantau Kalis untuk mengembangkan objek wisata baru agar dapat menambah pendapatan desa dan masyarakat setempat.

Ketua Panitia Festival Budaya Benua Kalis II  dan Ekspos Wisata Desa Rantau Kalis, Hendrikus mengatakan kegiatan festival dan ekspos wisata di Rantau Kalis berlangsung dari tanggal 27-30 Desember 2023. Ada 62 peserta terlibat pada rangkaian perlombaan yang diadakan oleh panitia. "Kami mengadakan lomba cipta lagu, peragaan busana anak dan dewasa, pop singer, tari kreasi, sumpit, fun game dan gasing," ucapnya. 
Hendrikus menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk pelestarian budaya sekaligus mendorong ekspos wisata yang ada di Rantau Kalis agar diketahui ditingkat Nasional hingga Internasional. "Kami harap kegiatan oni jadi agenda Pemda Kapuas Hulu kedepan," ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa festival ini memunculkan ada budaya dan seni di Dayak Kalis. Tentu ada budaya Dayak Kalis yang belum tergali, lewat kegiatan ini bisa diekspos kembali. "Jangan sampai jaman yang canggih membuat anak muda kita lupa akan budayanya," tutur Bupati.

Menurut Bupati, arung jeram di Rantau Kalis sudah digemari masyarakat. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari Putussibau membuat objek wisata ini jadi opsi yang dipilih para pecinta arung jeram. "Saya minta gali lagi potensi objek wisata yang lain disini untuk dikembangkan bersama masyarakat," tuntasnya.

Hadir dalam kegiatan di Rantau Kalis, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, Kajari Kapuas Hulu, Samsuri, para Kepala OPD Kapuas Hulu, Muspika Kalis, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Rantau Kalis.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad