Bupati Sis Minta Camat Sinergis dengan Forkopimcam Jaga Kondusifitas Pemilu 2024 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, November 1, 2023

Bupati Sis Minta Camat Sinergis dengan Forkopimcam Jaga Kondusifitas Pemilu 2024


Foto : Rapat kerja bersama perangkat daerah se kabupaten Kapuas Hulu di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (1/11/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menggelar rapat kerja bersama perangkat daerah se kabupaten Kapuas Hulu di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (1/11/2023). 
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas Hulu, Iwan Setiawan menegaskan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan tahunan untuk membahas isu strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. "Raker kali ini temanya adalah optimalisasi peran kecamatan dalam pemilu 2024," tegasnya.
Iwan menuturkan Camat punya tugas untuk menjaga stabilitas wilayah, tujuannya untuk dinamisasi penyelenggaraan pemerintahan di Kapuas Hulu. "Camat hendaknya melakukan pembinaan wawasan kebangsaan, menjaga kerukunan, menjaga persatuan masyarakat, menangani konflik sosial dengan baik, menanamkan nilai demokrasi berdasarkan pancasila," tuntasnya. 
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menegaskan bahwa, dirinya selaku pimpinan daerah selalu mengarahkan kepala OPD untuk menjalankan visi misi daerah agar dapat mensejahterakan masyarakat. Untuk tahun 2024, kata Bupati, tugas camat semakin berat karena masyarakat akan melaksanakan pesta demokrasi. "Camat punya fungsi koordinasi pembinaan dan pengawasan, ini mencakup stabilitas daerah agar penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat berjalan dengan baik. Jalin kerjasama yang baik Forkopimcam, ini penting untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum," ucapnya.
Pada tanggal 28 November 2023, kata Bupati, itu sudah masuk masa kampanye Pemilu. Selanjutnya pada 14 Februari 2024 akan lakukan Pemilu. Sebab itu, masyarakat dan lintas instansi yang terkait Pemilu perlu mempersiapkan diri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. "Beda pilihan itu hal biasa, silaturahmi harus tetap terjalin dan keamanan harus terjaga. Siapapun yang terpilih adalah putra-putra terbaik bangsa dan kita semua akan kembali ke kehidupan kita masing-masing. Jadi tidak perlu kita gontok-gontokan," tegas Bupati.
Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini menambahkan bahwa Camat harus jadi panutan bagi masyarakat. Camat mempunyai delegasi kewenangan dari Bupati. "Bupati tidak bisa kerja sendiri agar kondisi daerah ini kondusif," ujarnya.
Bupati Sis meminta agar Camat melakukan pengawasan terhadap Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang dimanfaatkan oleh pemerintahan desa. "Pemerintahan desa harus diawasi oleh camat. Pembangunan dari DD atau ADD harus sesuai aturan yang berlaku," tuntas Bupati.
Raker perangkat daerah Kabupaten Kapuas Hulu turut dihadiri Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi dan jajaran Forkopimda Kapuas Hulu.
Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad