Dishub Kapuas Hulu Usulkan Perbaikan Dermaga Apung ke Kemendes PDTT RI - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, October 18, 2023

Dishub Kapuas Hulu Usulkan Perbaikan Dermaga Apung ke Kemendes PDTT RI


Foto: Dermaga Apung Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (18/10/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulisitwamedia.com-
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas Hulu berupaya memaksimalkan fungsi Dermaga Apung yang ada di kecamatan Putussibau Utara dan Jongkong, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Dishub Kapuas Hulu mengusulkan perbaikan dermaga apung tersebut ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI).
Kabid Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan pada Dishub Kapuas Hulu, Lugit menegaskan bahwa dermaga apung Jongkong dan Putussibau Utara sudah direncanakan perbaikannya. "Semoga bisa tertampung di APBN karena kita sudah komunikasi sudah via zoom dengan Kementerian PDTT RI," ucapnya, Selasa (17/10/2023).


Foto: Lugit, Kabid Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan pada Dishub Kapuas Hulu/ Yohanes Santoso

Menurut Lugit, kondisi dermaga apung Putussibau Utara dan Jongkong, cukup bagus dan aktif. Semua jasa transportasi sungai dari Putussibau ke Embaloh dan Bunut rutin berangkatnya. Rute layanan transportasi sungai dari Dermaga Putussibau ada yang sampai Suhaid, cuma ndak rutin. "Sama halnya dengan Dermaga Jongkong, dermaga ini cukup aktif jasa transportasi sungainya, ada yang untuk penyebrangan ke danau-danau dan ada yang untuk mobilitas warga dari pusat kecamatan ke desa-desa sekitar," ujarnya.
Lugit menambahkan retribusi kepelabuhan ke daerah masih lancar dari dermaga apung yang ada di Jongkong dan Putussibau Utara. "Selama ini tercapai target pendapatan retribusi setiap tahunnya," ujar Lugit.
Namun, Lanjutnya, kedepannya layanan transportasi sungai untuk rute Putussibau - Embaloh ada potensi penurunan retribusi. Itu dikarena akses jalan dari Putussibau ke Embaloh Hilir semakin memadai. "Saat kemarau banyak orang Embaloh Hilir yang menggunakan motor ke Putussibau," tuntas Lugit.
Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad