Bupati Sis Sampaikan Program Pembangunan ke Masyarakat Tapang Daan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, September 16, 2023

Bupati Sis Sampaikan Program Pembangunan ke Masyarakat Tapang Daan


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama masyarakat Dusun Nanga Saray Desa Tanpang Daan, Kecamatan Kalis, Sabtu (16/9/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kapuas Hulu, Marthen meninjau pembangunan di ruas jalan Sayut - Nanga Saray, Sabtu (16/9/2023). Setelah meninjau pekerjaan di ruas jalan tersebut Bupati Sis dan rombongan mengunjungi masyarakat di Dusun Nanga Saray, Desa Tapang Daan.
"Ini bukan kunjungan formal, kami meninjau jalan sekaligus ketemu masyarakat disini untuk bersilaturahmi," kata Bupati saat bertemu masyarakat Nanga Saray.
Pemerintah Kapuas Hulu juga ingin memberi tahu ke masyarakat terkait pembangunan yang berjalan dan sedang diusulkan ke Pemerintah Pusat. Untuk pembangunan jalan Sayut - Nanga Saray itu ada pembangunan jembatan box, pengaspalan, penimbunan. Itu dari DAK Pemda Kapuas Hulu besarnya Rp 12 miliar. "Hanya saja dari dana itu baru bisa ditangani di depan jalan saja. Sebab pembangunan jalan yang standar sampai aspal itu Rp 6 miliar per kilometernya, lalu jarak dari Sayut ke Nanga Saray sepanjang 13 Km," tegasnya.

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Kepala Dinas PUPR Kapuas Hulu, Marthen dan rombongan meninjau pembangunan jalan Sayut-Nanga Saray, Sabtu (16/9/2023)/ Rovi Andila

Namun dari Menteri PUPR dan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus sempat singgah dan meninjau jalan Sayut-Nanga Saray. Dari program Inpres konektifitas jalan daerah ke jalan nasional sudah Pemda Kapuas Hulu sampaikan juga ke Menteri PUPR dan Ketua Komisi V DPR Ri. Dari usulan itu kemungkinan ada penambahan peningkatan jalan dari Kementerian PUPR RI di ruas jalan Sayut - Nanga Manday, semoga bisa sampai aspal dan penggusuran ke arah Nanga Manday. "Ini anggaran selanjutnya Rp 32 miliar yang akan di kucurkan lewat impres. Ini wujud kepedulian kami untuk masyarakat di Desa Tapang Daan dan sekitarnya," ucap Bupati.
Dari pembangunan jalan ini tentu bisa membuka pembangunan yang lain, misalkan PLN. Tapang Daan sudah masuk perencanaan pembangunan di PLN. Lalu tahun ini dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu juga ada pembangunan sekolah. "Disisi lain sudah ada tower BTS, semoga kedepan bisa aktif," ujarnya.
Bupati Kapuas Hulu berpesan kepada masyarakat untuk membantu supaya program pembangunan bisa bejalan lancar. "Komunikasikan semua secara baik," tuntas Bupati.
Kadus Nanga Saray, Denianus Badeu, mengatakan pihaknya bahagia mendapat kabar dari Bupati terkait pembangunan. Seperti pembangunan jaringan listrik, masyarakat akan gotong royong membantunya, agar PLN bisa masuk ke Nanga Saray. "Masyarakat akan dukung, kami terima kasih dengan Pemda Kapuas Hulu dan Pemerintah Pusat," ungkapnya.
Badeu mengatakan harapan masyarakat Nanga Saray adalah pembangunan jembatan. Sebab, selama ini masyarakat harus keluar duit untuk nyeberang sungai. "Selain itu, banyak anak kami yang berprestasi, kami minta tolong dibantu untuk pekerjaan," tuturnya.
Kades Tapang Daan, Pebrianus Julian, mengatakan bahwa masyarakat berharap diberi infrastruktur yang mendukung aktivitas masyarakat, sehingga perekonomian semakin membaik. Aset masyarakat Tapang Daan yang cukup potensial adalah pisang. "Kalau jalan tidak bagus gimana bersaing harga dalam menjualnya. Dengan adanya pembangunan jalan akan membantu kami," tegas Julian.
Terkait jembatan, Julian menegaskan bila ada peluang pembangunan mohon  Bupati membantu diprioritaskan. "Kehadiran Bupati sangat membahagiakan kami masyarakat Tapang Daan," tegasnya.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad