Bupati Sis Minta Ada Layanan Internet di Perpusda Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, July 24, 2023

Bupati Sis Minta Ada Layanan Internet di Perpusda Kapuas Hulu


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberi arahan saat pembukaan layanan Perpusda Kapuas Hulu, Senin (24/7/2023)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu di Jalan Lintas Barat, Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mulai membuka layanan perpustakaan untuk masyarakat umum, Senin (24/7/2023). Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama para Kepala OPD hadir dalam pembukaan layanan perpustakaan tersebut.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu, Abdulah Sani mengatakan bahwa Perpusda akan menjadi wahana bagi masyarakat dalam mencari informasi dan rekreasi literasi. Perpustakaan tidak hanya mencerdaskan tetapi memberdayakan masyarakat. "Masyarakat berhak memanfaatkan perpustakaan termasuk bagi kaum disabilitas," ujarnya.


Foto: Perpusda Kapuas Hulu di Jalan Lintas Barat, Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (24/7/2023)/ Yohanes Santoso

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa gedung Perpusda Kapuas Hulu dibangun sejak tahun 2022. Terkait pembangunan gedung, anggarannya memang mendesak dari Perpustakaan Nasional. "Sebetulnya kami sudah cari lahan yang dekat perkantoran, namun luas lahan banyak tidak cukup, maka dialihkan ke lokasi yang agak jauh, tapi dekat dengan Puskesmas," terangnya. Namun ini bukan berarti berkurang dari sisi pelayanan perpustakaan. Kedepan tentu ada pengembangan daerah dan posisi perpustakaan bisa lebih strategis. "Disini harus dibuat layanan internet yang baik dan cepat. Kalau ada akses internet akan mengait pengunjung ke perpustakaan ini," ucap Bupati Sis.
Bupati menegaskan kedepannya penunjang layanan Perpusda akan diupayakan dari APBD dan diusul ke APBN. Ini perlu diupayakan agar masyarakat di Kapuas Hulu menuju masyarakat yang literal. "Buku digital, komputer, layanan internet perlu dilengkapi disamping buku konvensional," tambahnya. 
Bupati Sis menginstruksikan kepada pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu untuk menjaga bangunan Perpusda. Membangun fisik gedung mudah daripada merawat dan mengamankannya, maka ini harus diperhatikan. "Disamping itu mari kita berikan pelayanan menyesuaikan dengan kemajuan zaman, memenuhi kebutuhan pelajar dan mahasiswa kita," tuntas Bupati.
Ketua GOW Kapuas Hulu, Ny. Via Octaria, para Kepala OPD Kapuas Hulu, mahasiswa dan pelajar di kota Putussibau.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad