Pancasila Kekuatan Bangsa Indonesia Menghadapi Tantangan Dunia dan Modernisasi - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, June 1, 2023

Pancasila Kekuatan Bangsa Indonesia Menghadapi Tantangan Dunia dan Modernisasi

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat saat jadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di GOR Putussibau, Kamis (1/6/2023)/ Yohanes Santoso
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menjadi inspektur dalam upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Sepak Bola, GOR Uncak Kapuas, Putussibau, Kamis (1/6/2023). Kegiatan tersebut diikuti para pelajar, ASN, Ormas, TNI-Polri.
Wabup yang akrab disapa Wahyu ini menegaskan bahwa Pancasila adalah falsafah dasar negara Indonesia. Sudah selayaknya bangsa Indonesia mengaplikasikan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan begitu segala suku yang ada akan tetap bersatu. "Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga," ucapnya.
Wahyu menegaskan bahwa Pancasila adalah anugerah Tuhan bagi bangsa Indonesia. Nilai pancasila dapat diamalkan dengan saling menghargai,menghormati dan kerjasama. Keberagaman yang ada saat ini harus dirajut menjadi berkah dengan penerapan Bhineka Tunggal Ika. "Pancasila harus dipraktekkan dan diaktualisasikan, agar nilai pancasila tertanam di hati bangsa Indonesia.  Ini perwujudan cinta kita terhadap tanah air," tegas Wabup Kapuas Hulu.
Wahyu juga menegaskan dalam pidato Presiden Joko Widodo tentang peringatan hari lahir pancasila, ada berbagai ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia kedepan, baik itu perkembangan teknologi, modernisasi dan radikalisme. Untuk menghadapi itu semua, Pancasila menjadi filter agar bangsa ini tidak mengalami disorientasi. "Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat terutama yang ada di Kapuas Hulu untuk terus menjaga keharmonisan sesuai visi misi Kapuas Hulu HEBAT, serta mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tuntas Wabup.
Upacara hari lahir pancasila di Putussibau turut dihadiri jajaran Forkopimda Kapuas Hulu dan tokoh masyarakat. Peserta upacara yang hadir dari kalangan ASN mengenakan busana adat. Pada akhir upacara, Wabup Kapuas Hulu menyerahkan satya lencana dari Presiden RI kepada tiga ASN Kapuas Hulu.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad