Bupati Sis Tutup Gawai Dayak Kantu Desa Sungai Uluk - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, May 13, 2023

Bupati Sis Tutup Gawai Dayak Kantu Desa Sungai Uluk

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan saat hadir dalam acara penutupan Gawai Dayak Kantu'Desa Sungai Uluk Putussibau Selatan, Sabtu (13/5/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan hadir pada acara penutupan Gawai Dayak Kantu' Desa Sungai Uluk, Putussibau Selatan, Sabtu (13/5/2023). Penutupan Gawai Makai Taon ke 13 tersebut berlangsung meriah dengan dihadirkannya artis dari Malaysia yakni Sima.

Kades Sungai Uluk, M. Erni mengatakan kegiatan tersebut sudah berlangsung selama lima hari dan berjalan sukses. Kegiatan ini sudah ke 13 tahun diadakan oleh masyarakat Sungai Uluk dan semoga tahun depan bisa lebih meriah. "Mohon dukungan bersama dalam kegiatan ini, masing-masing menjaga keamanan," tegasnya.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan selamat hari gawai dayak bagi masyarakat Dayak Kantu'. Bupati menegaskan gawai Dayak adalah momen berkumpul dan bersama untuk bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas kurnia-Nya sepanjang tahun. "Kita berharap bisa melewati tahun-tahun berikutnya tanpa masalah yang berarti," tegasnya.
Ia menambahkan bahwa kegiatan gawai menunjukkan tentang adat budaya dan ini penting dilakukan oleh generasi muda. Dengan begitu, budaya yang ada akan terus bertahan dari generasi ke generasi. "Jangan sampai generasi muda melupakan adat budayanya," ucap Bupati.

Dia menegaskan agar generasi muda harus mau belajar tentang ada kepada tetua-tetua adat. Budaya yang eksis akan menjadi daya tarik bagi wisatawan luar. "Ini keduakalinya saya hadir di sini, semoga tahun depan bisa dilaksanakan lagi," tuntas Bupati Sis.

Penutupan gawai Dayak Kantu Sungai Uluk turut dihadiri Anggota DPRD Kalbar, Yosef Alexander, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Antonius Manyu, Calvin, Aweng dan Kasim. Hadir pula para Kepala OPD Kapuas Hulu, Forkopincam Putussibau Selatan, tokoh adat dan tokoh masyarakat Sungai Uluk.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad