Banjir dan Longsor Melanda Bunut Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, May 24, 2023

Banjir dan Longsor Melanda Bunut Hulu


Foto: Banjir di Sungai Besar, Bunut Hulu, Kapuas Hulu, Rabu (24/5/2023)/Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Banjir rob terjadi di Desa Sungai Besar, Kecamatan Bunut Hulu, Rabu (24/5/2023). Banjir bahkan menggenangi rumah warga dan menyebabkan mobilisasi masyarakat di Jalan Lintas Selatan antara Putussibau-Sintang terhambat.

Kades Sungai Besar, Syahrial sempat membuat video tentang banjir tersebut. Menurutnya banjir tersebut ketinggiannya hingga 1 meter dan menggenangi rumah masyarakat. "Ada enam rumah yang terendam, termasuk rumah saya," ujarnya saat dihubungi via WA.

Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan pihaknya sedang melakukan monitor dan menghimpun data terkait banjir di Sungai Besar. Pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Buntu Hulu untuk mendapat data pasti terkait bencana tersebut. "Kami masih menunggu data resmi dari Camat setempat," ujarnya.

Menurut informasi awal, kaya Gunawan, banjir tersebut terjadi sekira Pukul 03.00 WIB. Dia juga menjelaskan bahwa banjir untuk kawasan Lintas Selatan kerap terjadi dengan cepat dan surut dengan cepat. Ini berbeda dengan banjir di kawasan pesisir Sungai Kapuas yang relatif lama surutnya. "Untuk beberapa wilayah di jalur Lintas Selatan biasanya terjadi banjir rob akibat hujan lebat," ujarnya.

Sementara Niko, warga Putussibau Utara yang hendak pergi ke Sintang, menuturkan bahwa Jalan Lintas Selatan di kawasan Desa Sungai Besar terendam banjir. Banyak warga yang tidak bisa melintas. "Banyak warga yang sudah putar balik untuk pulang,  tapi ada juga yang masih menunggu airnya surut karena biasanya ndak lama," tuntasnya.
Foto: Satu unit rumah warga rusak akibat longsor di Desa Riam Piang, Bunut Hulu, Kapuas Hulu, Rabu (24/5/2023)/Istimewa

Berdasarkan infomasi yang berhasil di himpun selain bencana banjir di Desa Sungai Besar, terjadi pula longsor di Desa Riam Piang di kecamatan Bunut Hulu. Terdapat satu rumah warga yang rusak akibat longsor tersebut.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad