Kerjasama Pembangunan Fasilitas Pertambangan Emas Tanpa Merkuri di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, April 14, 2023

Kerjasama Pembangunan Fasilitas Pertambangan Emas Tanpa Merkuri di Kapuas Hulu


Foto: Penandatanganan kerja sama pembangunan fasilitas PESK bebas merkuri antara Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dengan Dirjen PSLB3 di Jakarta, Jumat (14/4/2023)/ Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun (Dirjen PSLB3) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kapuas Hulu. Perjanjian kerjasama tersebut terkait pembangunan fasilitas pertambangan emas tanpa merkuri di Kapuas Hulu. Kegiatan perjanjian kerjasama tersebut diadakan di Jakarta, Jumat (14/4/2023).
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengatakan bahwa Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sudah memberikan program pembangunan fasilitas Pengolahan Emas Skala Kecil (PESK) tanpa merkuri di Kabupaten Kapuas Hulu pada tahun 2023 ini. Pembangunannya berlokasi di Desa Teluk Geruguk Kecamatan Boyan Tanjung.  
"Dengan adanya sarana ini, kami juga berharap para penambang emas yang berada di wilayah kabupaten Kapuas Hulu bisa menggunakan fasilitas Pengolahan Emas Skala Kecil (PESK) tanpa merkuri ini dengan maksimal, sehingga Pemerintah Daerah Kapuas Hulu bisa berkontribusi mewujudkan program Pemerintah Pusat pada rencana aksi daerah dalam pengurangan merkuri," ujar Bupati Sis.
Menurut Bupati Sis, ada tim konsultan dan tim KEHATILAB yang sudah melakukan kajian lingkungan di tiga desa yang merupakan wilayah pertambangan rakyat terbesar di kecamatan Boyan Tanjung yaitu Desa Teluk Geruguk, Desa Nanga Boyan dan Desa Landau Mentail. Hasil pengujian sampel lingkungan merupakan informasi yang sangat penting untuk mengetahui kondisi lingkungan penambangan emas yang ada di wilayah Kapuas Hulu. "Hasil pengujian ini menjadi bahan pertimbangan kami dalam melakukan pemantauan dan pembinaan kepada para penambang yang ada di wilayah tersebut," tuntasnya.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad