Satu Unit Rumah Warga di Nanga Embaloh Rusak Karena Longsor - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, February 14, 2023

Satu Unit Rumah Warga di Nanga Embaloh Rusak Karena Longsor

Foto: Rumah milik Syafarudin, warga Desa Nanga Embaloh, Kecamatan Emabloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, yang rusak terkena longsor, Senin (13/2/2023)/Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Camat Embaloh Hilir, Candra Ardiansyah menuturkan bahwa telah terjadi bencana longsor di Desa Nanga Embaloh, kecamatan Embaloh Hilir pada Senin (13/2/2023). Longsor tersebut mengakibatkan satu rumah warga rusak parah. "Longsor itu menyebabkan rumah pak Syafarudin rusak, rumahnya rawan ambruk ke sungai Kapuas," kata Candra, saat ditemui di Putussibau, Selasa (14/2/2023). 

Candra mengatakan bahwa musibah tersebut terjadi saat hujan deras. Tanah kemudian longsor dan menyebabkan ada bagian rumah yang tidak kuat lagi pondasinya. "Keadaan ini sudah kami teruskan informasinya ke pihak BPBD Kapuas Hulu," ujarnya.
Dikonfirmasi terpisah, Kades Nanga Embaloh, Andi mengatakan bahwa ada lima orang yang tinggal di dalam rumah yang terkena longsor tersebut. Pada bagian rumah yang rusak sudah dilakukan pembongkaran, agar materilnya bisa digunakan kembali nantinya. "Bangunan yang rawan ambruk sudah dibongkar, sementara ini mereka masih berada di rumah itu, tapi nanti kalau tidak aman akan tinggal sementara di rumah keluarganya," tutur Andi.
Andi mengatakan dari korban sangat berharap adanya bantuan dari Pemerintah. Dalam mengupayakan bantuan terhadap korban longsor, dari Desa Nanga Embaloh sudah berkoordinasi dengan Camat, serta BPBD Kapuas Hulu. "Nanti akan kami komunikasi lagi dengan Dinsos Kapuas Hulu dan Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kapuas Hulu," ujarnya "Saat ini ada dua rumah warga lainnya yang rawan longsor di Nanga Embaloh, semoga tidak terjadi hal yang sama," tuntasnya. 
Penilis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad