Perdesaan Jadi Fokus Pembangunan Kapuas Hulu Tahun 2024 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, February 27, 2023

Perdesaan Jadi Fokus Pembangunan Kapuas Hulu Tahun 2024


Foto: Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini memberi sambutan saat membuka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Kabupaten Kapuas Hulu di Aula Gedung DPRD Kapuas Hulu, Putussibau, Senin (27/2/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah sekaligus Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kapuas Hulu.di Aula Gedung DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Senin (27/2/2023). Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun anggaran 2024. 
Ketua Panitia Kegiatan, Ambrosius Sadau mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk sinkronisasi pelaksanaan Pemerintah Daerah untuk kegiatan di setiap perangkat daerah. Menyelaraskan program kegiatan dan sub kegiatan dengan usulan musrenbang RKPD dari tingkat kecamatan. "Hasil forum ini akan jadi penyempurna program di RKPD," ucapnya.
Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini mengatakan perencanaan pembangunan daerah selaras dengan pembangunan nasional. Tentunya itu memperhatikan dinamika dan potensi daerah. "Acara ini sangat penting agar Rencana Kerja di Perangkat Daerah bisa terarah dan memberi dampak yang maksimal pada masyarakat, serta tercapainya visi misi daerah Kapuas Hulu tahun 2021-2026," ujarnya.
Sekda menegaskan bahwa program yang disusun harus benar-benar efisien dalam pendanaan, apalagi sampai hari ini banyak aturan terkait Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pemerintah Pusat. Untuk 2023 ini saja Pemda Kapuas Hulu akan kesulitan mencapai target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemda Kapuas Hulu. "Pemda tidak mampu penuhi pembiayaan pembangunan dengan optimal maka untuk tahun depan programnya dibuat tema pembangunan yang spesifik, yaitu pembangunan di desa," tegasnya.
Tahun 2024 fokus prioritas pembangunan adalah di desa. Prioritas program adalah pertumbuhan ekonomi, peningkatan infrastruktur dasar, memperbanyak desa mandiri dan meningkatkan kesejahteraan sosial. Tujuan ini dapat dicapai apabila semua pihak saling berkolaborasi, tidak berjalan sendiri-sendiri. "Saya minta Perangkat Daerah untuk mencermati program dan sub kegiatan, jangan sampai program yang dibuat tidak sesuai kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu," ucap Sekda.
Sekda juga menegaskan agar Perangkat Daerah di Kapuas Hulu harus mengupayakan dukungan pembangunan dari APBN, APBD Provinsi Kalimantan Barat hingga CSR Perusahaan. Semuanya harus aktif ajukan usulan, jangan hanya menunggu saja. "Kejar peluang dengan maksimal agar kendala teratasi dengan efektif dan pembangunan di daerah tetap dapat terlaksana dengan baik," tuntas Sekda.
Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Kabupaten Kapuas Hulu ini turut dihadiri Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi dan anggota DPRD lainnya. Hadir pula dalam kegiatan itu para Kepala Perangkat Daerah, para Kepala Desa se Kabupaten Kapuas Hulu. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad