Pisah Sambut dan Sertijab Kadiskominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, January 3, 2023

Pisah Sambut dan Sertijab Kadiskominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu


Foto: Penyerahan dokumen Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu dari H. Istiwa (kanan) kepada Hadi Pranata (kiri) saat sertijab di Aula Disdikbud Kapuas Hulu, Selasa (3/1/2023)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Pejabat Kepala Dinas Komunitas Informatika dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu berganti dari yang sebelumnya dijabat H. Istiwa, kini dijabat Hadi Pranata. Pisah sambut dan serah terima jabatan keduanya diadakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (3/1/2023).

Asisten III Setda Kabupaten Kapuas Hulu, Istiwa mengatakan bahwa pisah sambut adalah hal yang membahagiakan. Bukan hanya penyerahan dokumen tetapi menyampaikan proses yang ada. "Sejauh ini Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu sudah ada renstra yang jadi acuan hingga tahun 2026," ujarnya.
Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu juga sudah membuat Indikator Kinerja Utama (IKU). Pada tahun 2018 telah dijalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). "Pada tahun 2018 nilai indeks SPBE Kapuas Hulu dapat 2,6. Ini sangat baik dan saat itu daerah lain banyak yang disclaimer," ujarnya.
 
Indikator kinerja di Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu termasuk Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Ini selalu dinilai setiap tahun dan Kapuas Hulu sekarang masih di zona informatif. "Kita dapat nilai 99,18, ini posisi kedua di Kalbar, nomor satu di kabupaten Sintang," ujarnya.
Istiwa menegaskan Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu dari sisi SDM cukup memadai. Semua mendukung program dinas selama ini. "Saya mengapresiasi kinerja semua pegawai selama bertugas di Kominfo dan Statistik," tuntasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Statistik Kapuas Hulu, Hadi Pranata mengatakan bahwa pergantian pimpinan hal yang lumrah. Saat provinsi dirinya sudah tiga kali pindah tugas, terakhir di Disporapar Prov Kalbar. Saat di Kapuas Hulu dirinya juga pernah di Setda, Dukcapil dan Satpol PP. "Semua tempat kerja itu baik, kembali ke pejabatnya bagaimana bekerja dengan baik," tegasnya.
Hadi mengatakan Reformasi Birokrasi adalah kunci. Ini butuh kinerja seluruh pegawai untuk mewujudkannya. "Ini butuh keseriusan dan motivasi yang kuat dari seluruh pegawai di Diskominfo dan Statistik. Apa yang baik akan dipertahankan, yang kurang ditingkatkan," ucapnya.
Hadi mengatakan kedepannya Diskominfo dan Statistik akan berupaya mewujudkan Integrasi pada OPD yang punya pelayanan publik. Ini harus dipersiapkan Infrastruktur IT dan daya tampung datanya.
"Terkait IKU memang ada beberapa kegiatan yang akan disusun kembali untuk platform dasar agar kinerja bisa diketahui dan selaras dengan visi misi Kepala Daerah," tuntasnya.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad