28 ODGJ dari Kapuas Hulu Masih Berobat di Singkawang - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, January 27, 2023

28 ODGJ dari Kapuas Hulu Masih Berobat di Singkawang


Foto: Achmad Syahrizal/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Kabid Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Kapuas Hulu, Achmad Syahrizal menyampaikan, sebanyak 28 Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) dari Kapuas Hulu, masih berobat di rumah sakit jiwa Kabupaten Singkawang. 
"Dengan ODGJ dibawa ke RS Jiwa Singkawang yang pertama tentu meringankan beban keluarga," katanya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Jumat (27/01/2022). 

Lanjut Syahrizal, selain itu dengan ODGJ dibawa ke RS Jiwa Singkawang, masyarakat aman dan tentram, tidak terganggu ataupun rersah karena keberadaan ODGJ. 
"Nanti ada pemberitaan dari RS Jiwa Singkawang apakah ODGJ berlanjut berobat atau dijemput pulang," ucapnya. 

Syahrizal menuturkan, ODGJ yang pulang dari Singkawang juga akan dimonitor oleh dokter yang ada di Puskesmas. Setiap bulan selalu Dinsos juga berkoordinasi dengan dokter di puskesmas, terutama untuk yang berada di Putussibau Utara dan Putussibau Selatan. Dokternya turun monitor dan mengantar lanjutan obat. 
"Saya berharap kalau bisa pihak keluarga harus memperhatikan juga, karena kalau ODGJ tidak minum obat atau putus obatnya maka akan kambuh lagi," ucapnya. 

Kata Syahrizal, ODGJ yang di bawa kerumah sakit jiwa singkawang bisanya orang itu - itu saja, karena dari pihak keluarga ada yang mau peduli ada juga yang tidak mau peduli. 
"Ini yang menjadi kendala kita, kalau pihak keluarganya mau, kita selalu membantu terutama obat sudah siap perbulannya di puskesmas," pungkasnya.

Penulis: Rovi Andila 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad