GOW Dorong Peran Perempuan Menuju Kemandirian Ekonomi - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, November 19, 2022

GOW Dorong Peran Perempuan Menuju Kemandirian Ekonomi


Foto: Ketua GOW Kapuas Hulu, Ny. Via Octaria Wahyudi saat memberi araha di acara HUT ke 21 GOW Kapuas Hulu, Putussibau, Sabtu (19/11/2022)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan acara puncak peringatan HUT GOW Kapuas Hulu ke 21 di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Putussibau, Sabtu (19/11/2022). Acara tersebut mengangkat tema 'Meningkatkan Kapasitas dan Kualitas Perempuan Menuju Kemandirian Ekonomi'.

Ketua GOW Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Via Octaria Wahyudi mengatakan bahwa pihaknya telah mengadakan beberapa kegiatan yang bersifat sosial dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Ia memaparkan GOW Kapuas Hulu mengadakan kegiatan kompetisi UMKM, sunatan masal gratis, vaksinasi Covid-19, lomba video promosi wisata, pembinaan kampung KB. "Kami juga lakukan sosialisasi pencegahan stunting serta penyerahan bantuan keluarga beresiko," tegas Via.

Via mengatakan bahwa Pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai sektor kehidupan masyarakat tidak semata dari sisi kesehatan, tetapi juga pendidikan dan ekonomi. Butuh upaya nyata untuk tanggulangi permasalahan-permasalahan itu.  Dalam pertemuan GOW di Mempawah, kata Via, ada rekomendasi untuk seluruh organisasi GOW untuk menjadi pelopor gerakan ekonomi keluarga. "Seluruh organisasi yang ada di GOW Kapuas Hulu saya minta untuk tindak lanjuti rekomendasi ini," tegasnya.

Via juga menegaskan bahwa seluruh program GOW dapat berjalan baik karena dukungan Pemda Kapuas Hulu. Sebab itu pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Pemda Kapuas Hulu. "Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi atas dukungan Pemda Kapuas Hulu," ujarnya.

Foto: Potong tumpeng dalam acara HUT GOW Kapuas Hulu ke 21 di Putussibau, Sabtu (19/11/2022)/ Yohanes Santoso

Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan bahwa Pemda Kapuas Hulu menyambut baik kegiatan GOW. Program yang ada di GOW telah membantu Pemda untuk mencapai visi misi Kapuas Hulu HEBAT.
GOW punya program yang sifatnya sosial, ada juga yang mendukung kemandirian perempuan menuju peningkatan ekonomi.
"Kaum perempuan harus diberikan kesempatan untuk pemberdayaan. Namun junjung tinggi kodratnya dalam keluarga," ucap Wabup.

Menurut Wabup, mitra pemerintah seperi organisasi masyarakat, profesi, keagamaan dan lainnya memegang peran yang sangat penting. Pemerintah Daerah tidak bisa kerja sendiri untuk pembangunan daerah. "Kita harus mendorong semua sektor pembangunan dengan konsep inovatif, kreatif dan kolaboratif," tegasnya. 

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad