Ketua Komisi V DPR-RI dan Bupati Kapuas Hulu Tinjau Pembangunan Penguatan Tebing Sungai Kapuas - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, October 15, 2022

Ketua Komisi V DPR-RI dan Bupati Kapuas Hulu Tinjau Pembangunan Penguatan Tebing Sungai Kapuas

Foto: Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus didampingi Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, Meninjau lokasi pembangunan penguatan tebing sungai kapuas, Kabupaten Kapuas Hulu, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (15/10/2022)/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com -
Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus didampingi Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, Meninjau lokasi pembangunan penguatan tebing sungai kapuas, Kabupaten Kapuas Hulu, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (15/10/2022). 

Pada kesempatan tersebut Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus menyampaikan, kondisi tanah di sungai uluk tebing sungai kapuas sangat labil, sehingga pembangun penguatan tebing juga sudah beberapa kali sentuhan, dengan menggunakan beberapa metode, dan pada akirnya dipasang penguatan tebing, Yang dilakukan pemancangan pipa baja lalu di cor beton, nanti ada lagi pemancangan sehingga bisa mengamankan tebing sungai. 

"Kita berharap nanti air yang menghantam tebing tidak lagi bersentuhan dengan tanah," Katanya. 

Pekerjaan penguatan tebing Kata Lasarus, sudah berulang - ulang, kalau tidak di tangani dengan cepat maka jalan akan putus, secara keseluruhan di kapuas hulu ada beberapa titik jalan yang rawan, sehingga setelah penguatan tebing di sungai uluk, maka akan kita tangani lagi di lokasi - lokasi yang lain secara bertahap. 

"Ini progres pembangunan penguatan tebing sungai kapuas sudah 82 persen, yang akan selesai pada masa kontraknya berakhir, jadi aman," Katanya. 

Lanjut Lasarus, Setelah pembangunan penguat tebing selesai, Lokasi ini juga bagus dan strategis untuk ditata kembali, baik itu untuk joging treck, Waterfront City atau tempat wisata terbuka tempat rekreasi untuk masyarakat melepas lelah. 

"Nanti akan kita diskusikan lebih lanjut, karena tanah ini juga milik Masyarakat," Katanya. 

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan, ketika lokasi penguatan tebing sudah terbangun dengan baik, mungkin kawasan ini bisa kita tata lebih bagus dan dikemas dengan sedemikian rupa, sehingga bisa digunakan menjadi tempat joging treck atau tempat rekreasi, nanti akan kita kaji karena ini juga masih lahan masyarakat. 

"Kami juga sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah membangun penguat tebing sungai kapuas, sehingga pemukim warga yang berada di sekitar aberasi ini bisa teratasi," Katanya. 

Tambah Fransiskus Diaan, jika tidak dibangun penguatan tebing maka abrasi ini akan meluas sampai ke jalan bahkan pemukim warga, tentu dengan adanya pembangunan penguat tebing ini sangat strategis. 

"Kita juga sudah mengusulkan untuk pembangunan Waterfront City di depan rumah dinas Bupati Kapuas Hulu, itu sudah dirancang dan didesain kemungkinan tahun depan sudah pelaksanaan nya," Pungkasnya.

Penulis: Rovi Andila 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad