Hampir 9000 BSPS Terealisasi di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, October 14, 2022

Hampir 9000 BSPS Terealisasi di Kapuas Hulu


Foto: Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus bersama rombongan meninjau rumah dari program BSPS di sekitar lokasi kebakaran betang Nanga Nyabau, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (14/10/2022)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus bersama Direktur Rumah Swadaya, Kementerian PUPR, K.M. Arsyad dan Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan berkunjung ke Desa Nanga Nyabau, kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (14/10/2022). Kunjungan tersebut untuk meninjau realisasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Kunjungan Lasarus bersama rombongan disambut hangat masyarakat setempat.
Kepala Desa Nanga Nyabau, Paulus mengatakan masyarakat di desanya sangat berterimakasih atas bantuan BSPS dari Kementerian PUPR yang mana program ini didorong juga oleh Ketua Komisi V DPR RI. Program BSPS sangat membantu masyarakat, pasalnya tempat bermukim masyarakat sebelumnya yang berupa betang sudah terbakar. 
"Kami alami musibah di 2019 dan pak Lasarus datang langsung ketempat kami dan kemudian membantu kami lewat program BSPS ini ditahun 2020. Sekarang ini kami bisa dapat rumah yang layak," tegasnya.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan ada 1980 unit rumah dibangun lewat program BSPS di Kapuas Hulu tahun 2022 ini. Untuk Nanga Nyabau ada 101 rumah. Sedangkan untuk total keseluruhan BSPS yang sudah terbangun di Kapuas Hulu hingga saat ini hampir 9000an. "Pembangunan ini melalui Kementerian PUPR dan kami berharap ada lagi kedepannya karena masih banyak rumah tidak layak huni di Kapuas Hulu," kata Bupati.
Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, mengatakan dari pantauan pihaknya BSPS di Desa Nanga Nyabau sangat efektif. Dari stimulan yang diberikan pemerintah dan dibantu dengan kemampuan masyarakat bisa menghadirkan rumah yang layak huni. "Selamat kepada masyarakat, saya lihat bangunannya bagus-bagus," ucapnya.
Lasarus menjelaskan lewat BSPS Ini pemerintah membantu insentif untuk pembangunan rumah dan masyarakat bisa menambah anggaran pembangunannya. Hal ini yang terjadi di Nanga Nyabau sehingga beberapa masyarakat bisa hadirkan rumah yang cukup megah dan nyaman. "Kami datang ke sini hanya ingin memastikan bantuan dari Kementerian PUPR terealisasi. Bukan hanya dari saya saja tapi ini juga atas kebaikan dari pak Basuki, Menteri PUPR yang menyetujui untuk progam BSPS ini," tuntas Lasarus.

Dalam peninjauan BSPS di Desa Nanga Nyabau, turut hadir Direktur Pembangunan Jalan, Kementerian PUPR, Satrio Sugeng Prayitno. Selain itu ada Anggota DPRD Kapuas Hulu, Yanto, Budiarjo dan Antonius Thambun serta para Kepala OPD Kapuas Hulu. 

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad