Kegiatan P2L Bantu Tangani Stunting - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, May 23, 2022

Kegiatan P2L Bantu Tangani Stunting

Foto: Hamidi

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Ketahan Pangan Dinas pertanian dan pangan kapuas Hulu Hamidi, menuturkan ada berbagai Upaya yang dilakukan untuk mencapai ketahanan pangan di kapuas hulu, diantara dengan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesbilitas dan pangan rumah tangga.

"Sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga," Katanya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Senin (23/05/2022). 

Kata Hamidi, untuk saat ini yang sudah dibina dan diberikan bantuan tahun lalu, diantara di desa janting kecamatan badau, desa kepala gurung kecamatan mentebah, serta selanjutnya ada juga di desa nanga lot di kecamatan seberuang, serta di beberapa desa lainnya. Kegiatan P2L merupakan kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat atua Kelompok Wanita Tani (KWT), untuk budidaya berbagai jenis tanaman melalui kebun bibit, demplot kelompok dan pekarangan anggota.

"Yang dilakukan di lahan tidur, maupun pekarangan sekitar tempat tinggal, dengan menggunakan polibag maupun barang yang tidak terpakai," Katanya. 

Lanjut Hamidi, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi awal di desa sibau hulu, dan direncanakan akan kita laksanakan di desa siut, dan di salah satu desa di kecamatan pengkadan. 

"Harapan kedepan untuk Peningkatan ketahanan pangan, memang kita harus mulai dari daerah, dan itu dari rumah tangga petani itu sendiri, Selain itu kegiatan P2L juga  dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting dan atau penanganan prioritas daerah rentan pangan ataupun pemantapan daerah tahan pangan," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad