Panen 2,8 Ton Ikan di Zona Pemanfaatan Danau Lindung - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, April 20, 2022

Panen 2,8 Ton Ikan di Zona Pemanfaatan Danau Lindung

Foto: Harti Sunthari

Kapuas Hulu - Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kapuas Hulu, Harti Sunthari, menyampaikan belum lama ini masyarakat melakukan panen ikan di danau lindung Keliling, tepatnya di zona pemanfaatan. Adapun hasil panen tersebut untuk jenis  ikan Entukan sebanyak 2.300 Kg, ikan Kaloi (Gurami) 300 Kg, serta untuk ikan Jelawat 200 Kg. "Panen yang dilakukan kemarin juga tidak full semua," ucapnya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu (20/04/2022). 

Harti berharap kegiatan panen raya di danau lindung zona pemanfaatan tetap biasa dilaksanakan. Selama ini kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh masyarakat desa di zonasi tangkap, bukan di zonasi inti. Selain itu ikan gurami (kaloi) yang di panen kemarin merupakan hasil restoking, jadi danau tersebut memang cocok untuk dilakukan restoking. 
"restoking juga tidak bisa sembarangan harus melalui kajian ilmiah, danau keliling juga sudah masuk kajian ilmiah," ujarnya. 

Restoking ini juga tidak bisa terlaksana tanpa kekompakan serta kerja sama masyarakat. Hal pertama yang dibutuhkan adalah adanya niat untuk melestarikan juga adanya pokmaswas yang melakukan pengawasan. Intinya ada kekompakan masyarakat dan ada tujuan daripada pelestarian. 
"Semoga kedepan danau lindung di Kapuas Hulu bisa terjaga kelestarian nya, dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad