Jelang Idul Fitri Harga Tiket Pesawat Pts-PTk Rp 1,4 Juta - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, April 28, 2022

Jelang Idul Fitri Harga Tiket Pesawat Pts-PTk Rp 1,4 Juta



Foto: Dokumentasi aktifitas di Bandara Pangsuma Putussibau/ Istimewa

Kapuas Hulu - Pengguna jasa penerbangan rute Putussibau-Pontianak dan sebaliknya harus merogoh kocek cukup dalam bila ingin mudik lebaran. Pasalnya jelang Idul Fitri 1443 H harga tiket terpantau mengalami kenaikan hingga Rp 1,4 Juta per orang. 
Kepala Otoritas Bandara Pangsuma Putussibau, Hery Azhari Batubara menuturkan penerbangan sekarang ini ada empat kali dalam seminggu. Jadwal penerbangannya adalah hari senin, selasa kamis dan sabtu. "Sekarang hanya satu maskapai yang melayani pernerbangan," ujarnya saat ditemui di pendopo Bupati Kapuas Hulu, Putussibau, Kamis (28/4/2022).
Terkait harga tiket pesawat, Hery menjelaskan bahwa memang sekarang masih ada di ambang batas atas. Namun ada lagi Fuel Surcharge karena ada kenaikan harga fuel atau avtur (bahan bakar pesawat, red.). Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 68 tahun 2022 tentang biaya tambahan (Fuel Surcharge) Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang mulai berlaku sejak ditetapkan pada 18 April 2022 lalu. "Jadi harga yang sekarang untuk rute penerbangan Pontianak-Putussibau atau Putussibau-Pontianak di kisaran Rp 1,4 juta," ujarnya.
Untuk pengguna jasa penerbangan memang agak meningkat jelang Idul Fitri tahun ini. Minggu kemarin kenaikannya diatas 50 persen. "Masyarakat masih tergantung satu airline yang ada saat ini, belum ada alternatif airline lainnya," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad