Wagub Kalbar Ikuti Musrenbang di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, March 18, 2022

Wagub Kalbar Ikuti Musrenbang di Kapuas Hulu



Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat saat menyambut kedatangan Wagub Kalimantan Barat, Ria Norsan di gedung DPRD Kapuas Hulu, Jumat (18/3/2022)/Istimewa

Kapuas Hulu - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Ria Norsan, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kapuas Hulu di gedung DPRD Kapuas Hulu, Jumat (18/3/2022).
Ria Norsan hadir bersama Anggota DPRD Kalbar, Yosep Alexander. Musrenbang kali ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2023.

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, mengatakan Musrenbang RKPD Kapuas Hulu tahun 2023 harus selaras dengan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalbar.
"Jadi semuanya harus sinkronisasi dalam membangun daerah," ujarnya.

Wabup Kalbar juga menginstruksikan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu meningkatkan pelaksanaan vaksinasi. Baik itu dosis pertama, kedua hingga ketiga. 
"Kalau di Kapuas Hulu pelaksanaan vaksinasi sudah baik, tinggal ditingkatkan lagi," ucapnya.

Selain itu juga, kata Wagub, persoalan stunting di Kapuas Hulu cukup banyak maka kedepannya bagaimana terus ditangani dengan baik. Perlu kerjasama semua pihak.
Terkait pertumbuhan ekonomi di Kapuas Hulu, menurut Wagub sudah cukup baik. Hal itu harus dipertahankan karena di masa pandemi covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat.
"Angka pengangguran juga di Kapuas Hulu banyak, karena mungkin penyebab dari penyebaran virus Corona sudah beberapa tahun ini, diharapkan semuanya segera berakhir sehingga masyarakat kembali bekerja seperti biasanya," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyampaikan bahwa Musrenbang di Kapuas Hulu adalah hasil dari musyawarah berbagai pihak. Nantinya program yang disusun akan dituangkan dalam suatu dokumen perencanaan yang tidak terpisahkan dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021-2026.
Penjabaran RPJMD kedalam RKPD dan Penganggaran dalam APBD tahun 2023 harus konsisten untuk mendorong terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab.
"Agar hal tersebut bisa memenuhi janji politik kami yang telah dituangkan dalam visi terwujudnya Kapuas Hulu HEBAT (Harmonis, Enerjik, Berdaya Saing, Amanah dan Terampil)" ujar Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini.
Bupati Sis menegaskan bahwa Musrenbang Kabupaten Kapuas Hulu mengangkat tema Peningkatan Kualitas Perekonomian Daerah Melalui Pembangunan Infrastruktur. Fokus prioritas dari tema tersebut untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi sektor unggulan
"Selain itu untuk peningkatan kualitas infrastruktur dasar dan peningkatan kualitas lingkungan hidup," ujarnya.

Bupati Sis berharap kepada seluruh peserta musrenbang untuk dapat memberikan saran dan masukan yang konstruktif.
"Agar RKPD yang dihasilkan dapat selaras dengan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dalam RPJMD Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021-2026 serta selaras dengan prioritas nasional maupun provinsi," tuntasnya.
Kegiatan Musrenbang Kabupaten Kapuas Hulu juga dihadiri Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat serta jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, para OPD dan lembaga terkait lainnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad