Bupati Sis Sebut Gerakan Pramuka Sangat Membantu Pemkab Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, March 1, 2022

Bupati Sis Sebut Gerakan Pramuka Sangat Membantu Pemkab Kapuas Hulu

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberi sambutan dalam acara pelantikan Dewan Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang, Lembaga Pemeriksa Keuangan dan Dewan Kerja Cabang, Gerakan Pramuka Kwarcab Kapuas Hulu masa bhakti 2021-2026 di Aula DPRD Kapuas Hulu, Selasa (1/3/2022)/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Pelantikan Dewan Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang, Lembaga Pemeriksa Keuangan dan Dewan Kerja Cabang, Gerakan Pramuka Kwarcab Kapuas Hulu masa bhakti 2021-2026 berlangsung di Aula DPRD Kapuas Hulu, Selasa (1/3/2022). Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dilantik sebagai Ketua Dewan Pembimbing Cabang Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie. Kemudian Fransiskus Diaan melantik Wahyudi Hidayat, sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu berikut anggotanya.

Selaku Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menuturkan pramuka punya peran penting sebagai garda terdepan untuk perubahan bangsa yang lebih baik. Teknologi kedepannya akan semakin maju namun manusia adalah pelaku dari perkembangan yang ada. "Maka Pemuda tangguh dan cerdas, berbudi luhur, berbudi pekerti dan menjunjung persatuan bangsa menjadi sangat penting. Mereka ini adalah generasi yang sanggup menatap dan menghadapi tantangan kedepan," tegas Bupati. 
Tantangan individualisme dan ancaman terhadap ideologi bangsa harus dihadapi, Pramuka harus jadi salah satu pilar pendidikan di Indonesia guna menghadapi tantangan tersebut. "Pramuka harus memberi kontribusi nyata dalam hidup berbangsa dan selama ini itu sudah terlihat dan harus terus kita tingkatkan," tegas Bupati Sis.
Pramuka sangat diperlukan dalam mewujudkan revolusi mental dan nasionalisme building. Termasuk dalam menghadapi pandemi covid-19. Bupati Sis juga mengapresiasi peran aktif Pramuka Kapuas Hulu dalam membantu pemerintah. "Gerakan pramuka sangat dirasakan perannya di Kapuas Hulu. Dalam masa pandemi selalu hadir dalam kegiatan vaksinasi, termasuk kegiatan sosial lainnya. Ketika ada bencana alam atau korban tenggelam pramuka hadir," ucapnya.
Pramuka sangat membantu pemda dalam menanggulangi musibah. Sebab itu Bupati Sis berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan Pramuka. "Kita masih perlu kerjasama dalam menanggulangi Pandemi Covid-19," ujarnya.

Ketua Kwarda Pramuka Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alkadrie menuturkan anggota pramuka itu diharapkan punya kecerdasan dan kepribadian menjadi manusia yang berkarakter pancasila. Pramuka mesti menjadi garda terdepan dalam mengatasi degradasi Pancasila. "Kita harus berikan pendidikan karakter, itu penting agar hadir generasi yang cinta tanah air," ujarnya
Pramuka sekarang ini diluar dari pendidikan formal namun punya peran penting untuk pemuda dan anak-anak agar memiliki nasionalisme yang tinggi. Pemuda dan anak-anak akan jadi pemegang estafet kepemimpinan kedepan. "Sebab itu gerakan pramuka mengambil peran dari sisi pendidikan kepribadian," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad